Aplikasi UILIS Mobile Versi 3.1.0 Hadirkan Fitur Baru Ini

Screenshot_2018-11-10-05-44-50

Librisyiana, Darussalam- Aplikasi UILIS Mobile milik UPT.Perpustakaan Unsyiah memiliki fitur baru yaitu Open Educational Resources. Aplikasi UILIS Mobile versi terbaru diluncurkan pada tanggal 2 November 2018 dengan versi 3.1.0.  Dimana terakhir kali Aplikasi UILIS Mobile diperbaharui, pada tanggal 5 September 2018 dengan versi 3.0.4. Pada versi kali ini, ada beberapa hal yang diperbaharui yaitu penambahan fitur Open Educational Resources (OER), perbaikan fitur search OPAC, optimize baca full text Electronic Thesis and Dissertation (ETD) dan perubahan template home. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh salah satu staf IT Perpustakaan Unsyiah, Muhammad  Jerry Permana.

“Pada versi terbaru kali ini, aplikasi UILIS Mobile memiliki beberapa pembaharuan. Pertama adalah penambahan fitur Open Educational Resources (OER). Fitur ini menyediakan buku text elektronik yang dapat dibaca secara full text, free tanpa passworddan berlisensi creative common. Dimana lisensi ini merupakan lisensi yang tersedia secaralegal, atau tidak melanggar hak cipta untuk diunduh, dibagikan, bahkan dimodifikasi sekalipun. Keunikan dari fitur ini adalah dimana para dosen atau pun mahasiswa bisa mendapatkan buku text electronic secara full text dengan mudah dan halal”, jelasnya.

“Kedua, adalah perbaikan fitur Search OPAC. Dimana pada versi sebelumnya, pencarian buku melalui fitur ini masih sering terjadi error. Dengan perbaikan bugs pencarian, mudah-mudahan tidak sering terjadi error lagi. Kemudian yang ketiga adalah optimize baca full text Electronic Thesis and Dissertation (ETD). Dimana dulunya baca full text melalui fitur ini sering tidak terbuka, error dan juga lambat untuk di buka. Nah, dengan perbaikan  optimize, InsyaAllah kecepatan pengaksesan baca full text pada menu ETD akan lebih cepat. “Terakhir, kami juga melakukan perubahan desain awal template home pada aplikasi UILIS Mobile. Dimana desain sebelumnya dianggap kurang menarik dan tidak user interface. Pada perubahan template ini, kami berharap dapat memudahkan para user untuk melihat menu-menu tersedia pada aplikasi UILIS mobile dan lebih user interface”, ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kedepannya UILIS Mobile juga akan mengupdate beberapa fitur terbaru sesuai kebutuhan pustaka, dengan tujuan untuk memudahkan para pemustaka mengakses layanan yang ada di Perpustakaan Unsyiah. Kemungkinan dalam waktu dekat ini ULIS Mobile juga akan kembali melakukan perubahan desain user interface. Hal ini dikarenakan, masih banyak user non-civitas akademika Unsyiah yang menanyakan apakah fitur yang ada di aplikasi UILIS Mobile hanya dapat digunakan oleh civitas akademika Unsyiah saja. Oleh karena itu, pihak Perpustakaan Unsyiah akan melakukan perubahan desain agar para user mengerti bahwa aplikasi UILIS Mobile dapat digunakan oleh siapa saja.

“Saya berharap dengan adanya pembaharuan-pembaharuan ini, dapat membantu para pemustaka dalam mengakses layanan yang ada di Perpustakaan Unsyiah. Terlebih dengan adanya fitur baru yaitu Open Educational Resources. Mudah-mudahan dengan adanya  fitur baru ini dapat membuka mata kita bahwa buku itu tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi tersedia juga dalam bentuk elektronik, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar”, tutupnya. [Moli] 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.