Asesor Perpusnas : Perpustakaan Unsyiah Berubah Sangat Pesat

IMG_20160601_113143

Librisyana, Darussalam – Setelah meraih akreditasi A dari perpustakaan nasional (perpusnas) pada 3 tahun yang lalu, kini saatnya tim asesor perpusnas kembali melakukan akreditasi ulang bagi perpustakaan Universitas Syiah Kuala.

Tim asesor perpusnas sangat takjub melihat perubahan-perubahan yang dilakukan oleh UPT.Perpustakaan Unsyiah.

“Pertama kali saya datang ke perpustakaan Unsyiah itu sudah lama sekali di tahun 1995, kemudian saya pernah datang lagi setelah itu, dan terakhir kedatangan saya adalah hari ini, saya melihat perpustakaan unsyiah sangat jauh berbeda, banyak hal-hal menarik baik sistem, fasilitas, maupun pelayanan” Ujar Mustafa, salah seorang asesor akreditasi perpusnas, yang merupakan pustakawan utama dari Institut Pertanian Bogor.

Mustafa mengatakan bahwa layanan merupakan unsur penilaian yang memiliki bobot nilai yang sangat besar. Meskipun organisasi, dan manajemen kurang dari standar, asal layanan bagus, maka nilai yang diberikan akan bagus. Layanan disini maksudnya ialah bagaimana membuat mahasiswa dan dosen sering ke perpustakaan atau sering memanfaatkan perpustakaan. Berbagai acara harus dilakukan agar mereka senang ke perpustakaan, memperbaiki fasilitas, sistem, dan tidak lupa pustakawannya harus kreatif dan selalu ramah.

“Sebelumnya perpustakaan Unsyiah sudah mendapat peringkat A, dan akreditasi ini diulang lagi setelah 3 tahun. Disini kami melihat perpustakaan Unsyiah sudah berkembang pesat, banyak teknologi, dan ide-ide baru yang diterapkan untuk meningkatkan layanan kepada pengguna yaitu mahasiswa dan dosen, menurut saya ini adalah suatu langkah yang baik dan bisa dilanjutkan lagi, istilahnya tidak ada kata puas untuk berhenti melakukan perbaikan, mutu itu bisa ditingkatkan terus” ungkapnya.

Ia berpesan kepada UPT.Perpustakaan Unsyiah untuk terus maju, karena selalu ada ruang untuk maju dan melakukan perbaikan. Ide-ide bisa didapat dari mana saja baik mahasiswa dan dosen, yang penting setelah teori dikaji kemudian harus diimplementasikan dan selalu pantau perkembangannya. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.