Assesor Akreditasi Fak. Kedokteran Site Visit ke Perpustakaan Unsyiah

12747292_10209225206846304_2487702964802433012_o

Librisyiana, Darussalam - Tim dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-KES) melakukan site visit ke Perpustakaan Unsyiah sebagai bagian dari proses akreditasi Fakultas Kedokteran Unsyiah. Kedatangan mereka diantar oleh Dekan Fakultas Kedokteran Dr. Mulyadi, Sp.P(K) beserta Wakil Dekan, Tim Akreditasi dan dosen senior FK. Kedatangan ini disambut langsung oleh kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani di ruang kerja beliau. (19/02).

Dalam kunjungan tersebut, kepala UPT. Perpustakaan menjelaskan perihal profil dan perkembangan Perpustakaan Unsyiah kepada tim, yang terdiri dari dr. Insan Sosiawan A. Tunru, PhD, dr. M. Hidayat, SpM(K), dr Atta Kuntara, Sp.Rad(K). Tim asesor ini mendapat penjelasan bagaimana Perpustakaan Unsyiah telah menjadi bagian dari proses belajar-mengajar. Dari indikator kinerja dapat dilihat dalam 4 tahun ini telah terjadi peningkatan sebesar 2 sd 3 kali dalam jumlah pengunjung, jumlah buku yang dipinjam, dan jumlah anggota yang meminjam. Saat ini sudah terbentuk sinergitas antara Pustakawan, Dosen dan Mahasiswa dalam menjadikan Perpustakaan sebagai tempat untuk belajar, berkreatifitas, berinovasi dan bersosialisasi.

Sejauh ini Perpustakaan ramai dikunjungi oleh mahasiswa kedokteran untuk berdiskusi dan sering terlihat mereka membawa alat peraga ke reading lounge dan ruang baca lesehan. Secara khusus dijelaskan juga bahwa Fakultas Kedokteran memiliki ciri khas dimana sebagian proses belajar mengajar dilakukan di rumah sakit, diluar kampus induk (Rumah Sakit Pendidikan Zainal Abidin) dengan jadwal yang ketat. Mengatasi hal tersebut Perpustakaan dan Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan mengadakan Kelas Literasi Informasi (Pengenalan Penggunaan e-Journal) di Rumah Sakit.

Dalam sesi tanya jawab, salah seorang anggota Tim Assesor dr. Atta Kuntara, Sp.Rad(K) menanyakan tentang proses pengusulan pembelian buku dan sumber dananya. Kepala Perpustakaan Unsyiah menjelaskan bahwa dosen dapat mengusulkan pembelian secara online lewat website Perpustakaan, buku yang sudah terbeli dan tertunda diinformasikan juga pada website. Disamping pembelian Perpustakaan juga menerima hibah buku dari pihak lain seperti Pemerintah Aceh dan Asia Foundation.

Setelah sesi presentasi, Tim Assesor melakukan Library Tour melihat koleksi buku Kedokteran, fasilitas peminjaman dan pengembalian yang sudah modern menggunakan RFID.

10380516_10209225206966307_8594383857354175407_o

Semua penjelasan dan pengamatan langsung dari Tim Assesor akan dikompilasikan dengan unsur penilaian lain untuk mendapatkan hasil akhir akreditasi. Semoga Fakultas Kedokteran mendapatkan Akreditasi A.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.