Beda Aktivitas, Beda Fasilitas.

Himbauan Penggunaan Meja

Himbauan Penggunaan Meja

Librisyiana, Darussalam –  Fasilitas yang disediakan oleh pihak Perpustakaan Unsyiah memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung sesuai dengan kegiatan atau aktivitas yang diinginkan. Untuk itu, pihak perpustakaan menyediakan beberapa jenis fasilitas meja yang berbeda; berkelompok, carrel (belajar individu) dan pengguna laptop.

Tetapi tampaknya masih belum banyak pengunjung yang memahami hal tersebut. Hal ini terlihat dari masih adanya beberapa pengunjung yang belajar individu menggunakan meja yang dikhususkan kepada pengunjung pengguna laptop, walau sudah ada himbauan dari pihak perpustakaan yang telah ditempel di tempat yang mudah dilihat.

 

Pengunjung Tidak Menyadari Himbauan Yang Tertempel

Pengunjung Tidak Menyadari Himbauan Yang Telah Ditempel.

Sebenarnya pada meja khusus laptop, pengunjung disediakan stop kontak dengan ketinggian meja sesuai dengan postur tubuh saat duduk untuk menggunakan laptop, yaitu sekitar 80 cm. Angka tersebut merupakan standar kenyamanan untuk aktivitas menggunakan laptop, sehingga menjamin kesehatan mata dan persendian pengunjung.

Sedangkan untuk membaca buku dan menulis, disediakan meja carrel dengan ketinggian yang berbeda sesuai dengan aktivitas tersebut, dimana postur tubuh saat menulis atau membaca diharapkan tegak atau lurus. Hal ini dimaksudkan untuk melancarkan aliran darah ke otak sehingga pasokan oksigen yang masuk ke otak dapat mengoptimalkan kerja otak saat belajar.

Perbedaan jenis meja di Perpustakaan tidak dimaksudkan untuk membedakan pengunjung. Akan tetapi, pihak perpustakaan mencoba untuk memberikan pelayanan terbaik termasuk kesehatan dan kenyaman pengunjung, mulai dari fungsi meja, bentuk, lebar hingga ketinggian pun disesuaikan. Untuk itu, sangat diharapkan kepada pengunjung untuk dapat menggunakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan yang telah disediakan. [ARP]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.