Dr Yunardi Ajak Pustakawan Untuk Berani Lakukan Perubahan

IMG_0313Perpustakaan Unsyiah pada hari Jumat, tanggal 17 April mengadakan seminar dengan pembicara tunggal Dr. Yunardi, Atase Pendidikan KBRI di Bangkok Thailand. Presentasi beliau berjudul “Library Beyond Confined Wall” sangat menarik perhatian para peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, pustakawan dari Unsyiah, UIN dan PTS sekitar Banda Aceh.
Ka. UPT. Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani mengatakan seminar ini diadakan untuk memberikan wawasan bagi pustakawan untuk terus melakukan pembenahan pengelolaan perpustakaan untuk peningkatan pelayanan.
Dalam presentasinya, Dr. Yunardi mengatakan pustakawan saat ini harus berani secara radikal mewujudkan gagasan untuk hal kreatif dan inovatif. Namun perlu diingat perubahan tidak serta merta dapat diterima. Strategi yang bisa ditempuh adalah merangkul komunitas dosen dan mahasiswa yang satu visi sebagai volunteer dalam mewujudkan kreatifitas dan inovasi.
Dari sisi sumber daya yang dikelola, Perpustakaan harus menjadi Pusat Pertukaran Informasi dan Budaya. Perpustakaan harus aktif menjalin networking dengan berbagai macam Pemerintah Daerah dan Negara Sahabat. Apalagi saat ini kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN.

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.