Deposit Jurnal Kini Hadir di Pustaka Unsyiah, Apa Kegunaannya?

unnamed

Librisyiana, Darussalam – Melanggan jurnal dari penerbit-penerbit yang berkualitas memang bukan hal baru lagi bagi UPT.Perpustakaan Unsyiah, sebut saja seperti IEEE, Science Direct, dan Springer Link. Hal ini benar-benar memberi manfaat dan kemudahan bagi mahasiswa yang mencari bahan bacaan untuk tugas kuliah mereka, terlebih bagi mahasiswa akhir yang membutuhkan banyak referensi. Namun ada beberapa kendala yang sudah dan akan terus terjadi, yaitu terhentinya akses ke jurnal berbayar tersebut, baik sementara atau permanen karena terlambatnya perpanjangan kontrak, keterlambatan ketersediaan dana, ataupun terbatasnya dana. Hal ini tentu akan mengecewakan para mahasiswa dan dosen yang membutuhkan artikel, terutama yang sedang mengejar batas pengumpulan proposal, laporan atau publikasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, pimpinan Unsyiah dan perpustakaan Unsyiah sudah memikirkan sebuah solusi. Dimana, perpustakaan Unsyiah sedang mempersiapkan sebuah aplikasi yang diberi nama ‘Deposit Jurnal’ .

“Pustakawan Unsyiah ditugaskan untuk mereview artikel jurnal terpilih, dan menyimpan full-text dalam sebuah komputer milik Perpustakaan Unsyiah. Data bibiliografi dari artikel dan jurnal tersebut direkam kedalam sebuah portal yang diberi nama Deposit Jurnal, di http://uilis.unsyiah.ac.id/deposit-jurnal/. Portal ini hanya mempublikasi data bibliography dan abstrak saja, sementara full-text artikel tidak ditampilkan demikian juga linknya sesuai kontrak dengan penyedia jurnal. Mahasiswa dan dosen yang ingin membaca full-text tersebut dapat datang ke Perpustakaan dan membacanya di komputer Perpustakaan. Dengan demikian mahasiswa dan dosen, tidak terputus akses ke artikel atau jurnal yang dibutuhkannya”, ungkap Taufiq Abdul Gani, Kepala Perpustakaan Unsyiah.

Zakiyah, pustakawan bidang pelayanan teknis, merupakan salah satu pustakawan yang bertanggung jawab dalam melakukan deposit jurnal.

“Deposit jurnal ini disiapkan sejak awal bulan September 2017, saat ini kami dibantu oleh beberapa mahasiswa dalam memilih dan mengentri artikel ke portal deposit jurnal”, ujar Zakiyah kepada Librisyiana pada Rabu (20/09/17).

Ia juga berharap, dengan adanya deposit jurnal ini seluruh mahasiswa Unsyiah bisa mudah mendapatkan bahan informasi, terutama jurnal yang bisa membantu tugas kuliah mereka baik saat ini ketika pustaka masih melanggan jurnal atau suatu saat ketika pustaka mengalami keterlambatan atau kendala dalam melanggan. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.