Evaluasi Dampak Pengembangan, Pustaka Unsyiah, PPISB dan ICAIOS Jalin Kerjasama

IMG-20171030-WA0005

Librisyiana, Darusssalam- Saat ini UPT. Perpustakaan Unsyiah sedang melakukan persiapan survei tentang evaluasi dampak pengembangan Perpustakaan Unsyiah terhadap civitas, institusi, sosial dan ekonomi (ISO 16439). Survei ini merupakan kerjasama antara perpustakaan Unsyiah, PPISB (Pusat Penelitian Ilmu Sosisal dan Budaya) Program Studi Statistika dan ICAIOS. Survei ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah persepsi dari pengunjung pustaka terhadap pelayanan, penelitian mereka, ketepatan studi, dan lain-lain. Persepsi pengunjung ini nantinya dapat menjadi catatan penting bagi pemimpin Unsyiah.

“Survei ini direncanakan akan dirancang berbagai pertanyaan, yang bisa menjaring persepsi atau kepuasan dari pengunjung Perpustakaan serta stakeholder Perpustakaan itu sendiri. Kuesioner yang akan disebarkan, nantinya akan dibedakan ada yang untuk mahasiswa, dosen, staf dan petinggi perguruan tinggi. Survei ini juga merumuskan beberapa variabel yang akan kita masukkan kedalam kuesioner. Variabel ini rujukannya kita ambil dari pedoman ISO yang selama ini telah diterapkan oleh perpustakaan Unsyiah”, ungkap Winny Dian Safitri, salah satu dosen di Program Studi Statistika Unsyiah, kepada Librisyiana pada Senin, (30/10/2017).

“Saat ini survei masih dalam tahap perancangan, belum ada tanggal pasti kapan survei akan dilaksanakan. Akan tetapi, kami akan berusaha segera melakukan survei pada awal November nanti. Lamanya berlangsung survei juga belum dipastikan, yang jelas proporsi responden harus cukup. Penentuan proposrsi responden akan dilihat dari jumlah pengunjung pustaka yang akan kita stratakan antar fakultas yang ada di Unsyiah, stakeholder, dan juga para peneliti baik yang berasal dari dalam Unsyiah, maupun luar Unsyiah”, lanjutnya.

Ia berharap semoga survei ini dapat menjadi masukan penting bagi perubahan terhadap pelayanan dan aktivitas Perpustakaan yang telah terjadi selama ini. Sehingga Unsyiah bisa memperbaiki setiap sistem, fasilitas, dan juga bisa menjadi catatan penting bagi petinggi Unsyiah, agar tidak hanya melihat dari hasil memperoleh pengunjung Perpustakaan saja, tapi juga melihat proses untuk mendapatkan hasil itu sendiri.

“Semoga dengan survei ini juga dapat mewujudkan Unsyiah menjadi pusat informasi di asia tenggara, seperti visi dan misi Perpustakaan Unsyiah”, tutupnya. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.