Guru Se-Aceh Ikuti Pelatihan Kepustakaan di UPT.Perpustakaan Unsyiah

15/12/2018 at 22:20

48407620_340045480142731_2337087650751578112_n

Librisyiana, Darussalam – UPT.Perpustakaan Unsyiah pekan ini sedang melaksanakan program Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sesuai Standar Nasional kepada guru-guru se-Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan selama  empat hari mulai dari tanggal 12 sampai 15 Desember 2018 ini, merupakan hasil kerjasama antara UPT.Perpustakaan Unsyiah dengan Balai Diklat Aceh.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan standar kualitas perpustakaan sekolah baik SD, SMP, maupun SMA, sehingga diharapkan kedepannya sekolah-sekolah yang ada di Aceh, dapat lebih bersaing dalam bidang dan aset milik perpustakaannya.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Selama pelatihan, para peserta dibekali dengan berbagai materi seperti pengenalan standar mutu perpustakaan, akreditasi, diajarkan bagaimana cara membuat kartu siswa (ID Card), mengupload foto melalui laptop, menggunakan suatu program sehingga semakin mempermudah pekerjaan guru, dan lain sebagainya. Para pengelola perpustakaan sekolah saat ini juga harus bisa menguasai elektronik seperti komputer dan penggunaan media yang canggih agar dapat mengikuti perkembangan zaman yang sudah modern.

M. Thahir, salah satu peserta yang berasal dari SMPN 1 Gandapura Bireuen, berpendapat bahwa beliau sangat senang mengikuti pelatihan ini.

“Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena memang ilmu saya tentang keperpustakaan masih sangat sedikit. Saya berharap dengan mengikuti acara ini, dapat menambah ilmu keperpustakaan saya. Dengan adanya pelatihan ini juga membuat kami para guru termotivasi ingin menjadikan perpustakaan sekolah senyaman mungkin untuk tempat para siswa berkumpul seperti di Perpustakaan Unsyiah, sehingga siswa lebih sering berkunjung dan membaca,” katanya.

Sejalan dengan M.Thahir, Yusnidar, peserta yang berasal dari SMAN 2 Jambu Air Aceh Utara, mengungkapkan bahwa ia berharap melalui pelatihan ini dapat lebih mengembangkan perpustakaan sekolahnya.

“Memang saat ini kualitas dan kinerja perpustakaan kami masih kurang memuaskan dan minat siswa terhadap perpustakaan pun masih tergolong rendah. Dengan diberikannya arahan seperti program jangka panjang dan jangka pendek untuk mengelola perpustakaan sekolah pada pelatihan ini, saya berharap kedepannya kami mampu menghidupkan kembali kegiatan di sekolah dan memajukan kinerja perpustakaan supaya dapat lebih bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di seluruh Aceh”, ungkapnya. [Mola, CR, GM, FM]

 

 

 

UPT. Perpustakaan Unsyiah Lakukan Kerjasama Musyawarah Dengan Kepsek SMA se-Bireuen

Share This:

Comments

comments