Hari Terakhir Baksos, Ini Kegiatan yang Dilakukan Pustaka Unsyiah di Pidie Jaya

15

Librisyiana, Darussalam – Rabu, (25/10) Hari kedua dalam kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Mereudu,  Kabupaten Pidie Jaya, Perpustakaan Universitas Syiah Kuala  memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan menggunakan aplikasi INLISLITE untuk perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah dalam rangka baksos terintegrasi Unsyiah ke -2 tahun 2017.

INLISLITE merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.

INLISLITE berguna untuk mengatasi keterbatasan waktu, mempermudah akses informasi dari berbagai pendekatan misalnya dari judul, kata kunci judul dan pengarang. INLISLITE juga mempercepat proses pengolahan, peminjaman dan pengembalian buku.

Sebagai Perpustakaan, perpustakaan Unsyiah dikenal sebagai implementator SLIMS. Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system). SLIMS mampu memenuhi kebutuhan otomatis perpustakaan yang minimal memiliki fasilitas layanan sirkulasi, katalogisasi serta on-line public access catalog atau OPAC (Saffady dalam Anctil dan Bahesti, 2004: 4). Senayan tidak hanya menyediakan fasilitas layanan sirkulasi, katalogisasi dan OPAC. Senayan menyediakan fasilitas lain seperti manajemen keanggotaan, fasilitas untuk pengaturan perangkat lunak, cetak barcode (baik barcode anggota maupun barcode buku), penyiangan serta fasilitas laporan dan unggah koleksi digital.

“Walau sudah menggunakan fitur SLIMS dengan optimal, kami juga tetap mempelajari dan kembangkan INLISLITE, software dari Perpunas RI. Integrasi INSLITE dengan pelayanan Mandiri RFID sudah berhasil kami implementasikan di perpustakaan wilayah provinsi Aceh dan perpustakaan wilayah provinsi Jawa Tengah di Semarang”, kata kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Taufiq Abdul Gani

Selain mengadakan pelatihan, Bakti Sosial hari ini juga memberikan sumbangan berupa 2 unit komputer yang telah diinstal INLIS Lite. Dana sumbangan bersumber dari sisa dana yang terkumpul dari pustakawan seluruh Indonesia. Penyerahan sumbangan ditandatangani dan diwakili oleh Dr.Taufiq Abdul Gani S.kom M. Eng., Sc dan  Ir. H. Iskandar M.Si sekretaris daerah kabupaten Pidie Jaya serta disaksikan oleh Dr. Nasrullah RCL, Sekretaris panitia bakti sosial Unsyiah 2017. [RSK]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.