Ingin Mencari Referensi Online? Cek Di Sini.

Librisyiana, Darussalam – Perpustakaan Unsyiah kini membuka akses online terhadap koleksi Skripsi/Tesis/Disertasi yang dapat diakses melalui laman http://etd.unsyiah.ac.id. Penggunaannya tidak terbatas hanya dari kalangan Unsyiah saja, melainkan juga masyarakat umum, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dr. Taufik Abdul Gani mengatakan, “koleksi tersebut dapat dibaca online secara fulltext, mulai dari cover depan, bab 1 hingga bab akhir yang meliputi halaman kesimpulan, daftar pustaka dan lampiran”, jelas Taufik selaku Ketua Perpustakaan Unsyiah.

“Untuk pengamanan sistem, koleksi ETD Unsyiah tidak dapat di download, copy-paste bahkan dicetak. Sehingga bagi yang berminat untuk mendapatkan bahan dalam bentuk cetak dari koleksi yang diinginkan, dapat mengisi formulir online dengan link yang tersedia di masing-masing page koleksi atau dapat juga langsung ke laman http://uilis.unsyiah.ac.id/lss.”,tambahnya pada persentasi saat berkunjung ke Perpustakaan Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Surabaya (UBAYA) (9/10).

Laman http://etd.unsyiah.ac.id sudah terindex atau terdaftar di Google Search Engine, Google Scholar, OCLC WorldCat dan OpenDoar. Google Search Engine adalah mesin pencari paling populer di dunia saat ini, sedangkan Google Scholar adalah produk Google yang dikhususkan untuk koleksi literature akademik. Adapun OCLC WorldCat adalah katalog internasional yang menghimpun semua koleksi perpustakaan ternama seluruh dunia. Sedangkan OpenDoar adalah sebuah Direktor dari Koleksi Open Access dari berbagai institusi diseluruh manca negara.

Pihak Perpustakaan Unsyiah berharap, dengan adanya kontribusi dari hasil karya intelektual para civitas akademika Unsyiah ini dapat berguna dan menaikkan presence serta visibility Unsyiah ke masyarakat global. [Pw]

 

Editor: Putri Wahyuni.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.