Ini Tanggapan Maba 2017 Tentang UPT.Perpustakaan Unsyiah

1

Librisyiana, Darussalam – Di tengah berkembangnya teknologi dan informasi digital yang sangat cepat, perpustakaan Universitas Syiah Kuala masih tetap menjadi tempat favorit bagi para mahasiswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil perhitungan jumlah pengunjung pada tahun 2016 yang berjumlah 411.400 pengunjung. Buku-buku yang cukup lengkap serta tempat yang bersih dan nyaman menjadi alasan ramainya pengunjung pustaka. Lantas, bagaimana tanggapan para mahasiswa baru (maba) Unsyiah mengenai perpustakaan kampus yang baru mereka jajaki ini?

Menurut Gelora, mahasiswa FMIPA 2017, terdapat banyak sekali perbedaan antara perpustakaan kampus dengan perpustakaan sekolah. Baik dari segi peranannya sebagai penyedia bahan pembelajaran maupun sarana dan prasarananya.

“Perpustakaan Unsyiah merupakan perwujudan dari digital library yang selama ini saya bayangkan. Mulai dari menggunakan barcode pada KTM di pintu masuk, meminjam dan mengembalikan buku secara otomatis, memperpanjang masa peminjaman melalui aplikasi pada smartphone, hingga denda yang dibayarkan melalui kartu debit.” Ujar Gelora.

Sependapat dengan Gelora, Fani, mahasiswi baru fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unsyiah mengatakan bahwa saat pertama kali mengunjungi perpustakaan Unsyiah, dirinya merasa antusias sekaligus takjub karena perpustakaan ini sangat berbeda dengan perpustakaan yang ada di sekolahnya. Biasanya, perpustakaan itu identik dengan gedung suram dan rak-rak buku yang tinggi menjulang, tidak ada wifi, tidak full AC dan tidak bersih, maka lain halnya dengan perpustakaan yang satu ini. Bagi Fani, perpustakaan ini sangat menarik. Selain dari segi fasilitas buku yang semakin lengkap, fasilitas-fasilitas lain seperti tersedianya Wifi, full AC serta tempat yang nyaman dan bersih meningkatkan mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Tak hanya itu, sistem peminjaman dan pengembalian yang mandiri dan semakin canggih membuat ia sangat kagum.

“Saat pertama kali saya berkunjung ke perpustakaan ini, saya tidak mengira bahwa perpustakaan ini akan se-menarik ini. Saya kagum karena selain buku yang disediakan lumayan lengkap, tempatnya juga bersih dan nyaman. Sistem pencarian buku pun bisa dilakukan secara mandiri, hal itu yang saya tidak pernah lihat di perpustakaan lain. Saya akan terus berkunjung ke perpustakaan ini.” tutupnya. [Siti, MD, DAD]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.