Instalasi OER, UPT. Perpustakaan Borneo Tarakan dan UPT. Perpustakaan Unsyiah Lakukan Kerja Sama

 69c7fde3-754c-4cca-ac88-e00afb63f644

Librisyiana, Darussalam- Setelah melakukan benchmarking ke UPT. Perpustakaan Unsyiah pada Rabu, 24 Oktober 2018 lalu, UPT.Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan dan UPT.Perpustakaan Unsyiah kembali melakukan kerja sama. Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang terletak di Kalimantan Utara merupakan salah satu Universitas yang masih terbilang baru jika di bandingkan dengan Universitas Syiah Kuala. UBT juga sangat ingin mengadopsi apa yang ada di Unsyiah seperti Carier Development Center, pembinaan kemahasiswaan, ISO 27001 dan ISO 9001.

Kali ini, UPT.Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan dan UPT.Perpustakaan Unsyiah melakukan kerja sama sekaligus Teknikal Asisten melalui workshop Peningkatan Literasi Perpustakaan yang membahas 3 topik. Pertama, tentang bagaimana membangun budaya literasi melalui wadah kreatifitas mahasiswa (UKM Literasi Suatu Referensi). Kedua, tentang sumber pengetahuan terbuka (Open Knowledge Resources) untuk mobilasi pengetahuan. Terakhir, tentang awareness ISO 27000:2013 (Information Security Management System).

Salah satu hasil dari Teknikal Asisten ini adalah instalasi Open Educational Resources di website UPT.Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan yaitu http:lib.borneo.ac.id/oer/. Sebagai acknowledgment untuk Unsyiah, UBT juga memasang logo Unsyiah di website mereka serta mencantumkan pemberitahuan atau claim bahwa ini merupakan salah satu hasil kerja sama dengan UPT.Perpustakaan Unsyiah.

“Dalam workshop beberapa hari ini (14-16 November 2018), saya memaparkan juga tentang Knowledge Mobilization yang mana hal itu adalah salah satu ciri dari Perpustakaan 4.0 dalam Industrial Revolution 4.0. Tidak hanya itu, saya juga membagikan pengalaman tentang bagaimana Unsyiah melaksanakan Knowledge Mobilization dengan layanan Electronic Thesis and Dissertation dan Open Educational Resources melalui website dan juga Mobile Apps. Saya sangat berharap hal ini bisa bermanfaat bagi semua pihak”, ungkap Dr. Taufiq Abdul Gani, Kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.