Kemudahan Pencarian Buku Menggunakan OPAC di Pustaka Unsyiah

images_1505354590307

Librisyana, Darussalam – Seiring berkembangnya teknologi, UPT.Perpustakan semakin meningkatkan sistem komputerisasi di perpustakan guna memudahkan mahasiswa dalam melakukan aktivitas di perpustakaan. Salah satunya dengan kemudahan dalam pencarian buku. Kini mahasiswa dapat menikmati fasilitas Online Public Access Catalog (OPAC), yaitu layanan pencarian buku berbasis digital. Charlis Siana Rosita selaku kepala seksi bidang pelayanan teknis mengatakan bahwa OPAC merupakan bagian layanan otomasi perpustakaan yang berbasis komputer. Pada tahun 1994, layanan perpustakan telah berubah dari sistem konvensional menjadi sistem terotomasi yang kemudian terbentuknya layanan OPAC. Kini OPAC sudah berbasis Digital Library .

Manfaat OPAC sudah dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung perpustakaan Unsyiah. Nur Aida Fitri Lubis, mahasiswa FKIP Matematika, mengatakan bahwa layanan ini sangat memudahkannya dalam pencarian buku.

“Layanan OPAC ini sangat membantu mahasiswa dalam pencarian buku. Selain itu, dengan adanya OPAC, saya bisa menghemat waktu, jadi tidak perlu mencari di semua rak buku karena dengan memakai OPAC, kita sudah bisa mengetahui dimana letak buku yang kita butuhkan. Yang menarik adalah, layanan OPAC ini dapat menampilkan jumlah ketersediaan buku yang kita cari, sehingga kita bisa mengetahui apakah buku yang kita cari masih tersedia atau tidak.” ujarnya.

“Saya hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk mencari buku yang saya inginkan. Pada saat mencari buku, layanan OPAC menampilkan kode buku beserta kode rak buku sehingga pencarian menjadi lebih mudah dan efisien.” tambahnya.

Pengunjung juga dapat mengakses layanan OPAC di aplikasi UILIS melalui Android. Tak hanya menjadi layanan pencarian buku, namun dengan layanan ini pengunjung dapat memperpanjang peminjaman buku. Berkat layanan OPAC, mahasiswa tidak terkena denda karena dapat memperpanjang masa peminjaman buku meskipun sedang berada di rumah atau di tempat lainnya. [AMS]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.