Kepala Pengawasan Internal UINSU Medan: “Perpustakaan Unsyiah Sudah Terapkan Metode Marketing dengan Tepat”

IMG-20171026-WA0040

Librisyiana, Darussalam- H. Muhammad Syahman Sitompul, Kepala Satuan Pengawasan Internal UINSU Medan mengunjungi Perpustakaan Unsyiah pada Kamis (26/10) dalam rangka meningkatkan akreditasi pada 2019 mendatang. Perpustakaan Unsyiah dinilai modern dengan berbagai fasilitas canggih, mulai dari sistem peminjaman hingga perpanjangan dan pengembalian buku yang dilakukan secara mandiri dengan menggunakan teknologi modern.

“Saya melakukan kunjungan ke perpustakaan Unsyiah dalam upaya meraih akreditasi A untuk Perpustakaan UINSU Medan pada 2019 mendatang. Menurut saya, perpustakaan Unsyiah sudah menerapkan metode marketing dengan tepat dan membuahkan hasil. Para asesor menyarankan kepada UINSU untuk berguru dan melakukan benchmarking dengan Perpustakaan Unsyiah”, jelas beliau yang juga dikenal sebagai dosen senior Fakultas Ekonomi UINSU dan berpengalaman dalam transformasi tata kelola beberapa UIN di Indonesia.

Pihak UINSU sendiri melakukan benchmarking ini karena menilai perpustakaan Unsyiah sudah berada diperingkat excellent. Beliau menilai perpustakaan Unsyiah berhasil menerapkan metode marketing AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dengan tepat.  Attention, mempromosikan buku-buku dan pelayanan perpustakaan sehingga pengunjung menaruh perhatian terhadap perpustakaan. Interest, memberikan informasi tentang perpustakaan sehingga membuat pengunjung tertarik dan terus menggali informasi tentang buku-buku dan pelayanan perpustakaan. Desire, memberikan penawaran-penawaran agar pengunjung berkeinginan untuk mengunjungi perpustakaan. Action, konsumen mulai terpengaruh mengunjungi perpustakaan.

“Perpustakaan Unsyiah ini sangat luar biasa, bisa mendata rata-rata jumlah pengunjung setiap harinya, itu adalah hal yang sangat penting. Dan yang tidak kalah penting adalah adanya hiburan yang dapat menarik minat pengunjung”, pungkasnya. [Dian/Suci/Vira]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.