Kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah: “Pustaka Unsyiah Siap Untuk Bakti Sosial Berikutnya”

16

Librisyiana, Darussalam – Rabu, (25/10) Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Mereudu,  Kabupaten Pidie Jaya, Perpustakaan Universitas Syiah Kuala  memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan menggunakan aplikasi INLISLITE untuk  perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah dalam rangka baksos terintegrasi Unsyiah ke -2 tahun 2017. Peserta yang hadir kebanyakan dari ibu-ibu guru SMP dan SMA di kabupeten Pidie Jaya dan pustakawan dari Kabupaten Pidie Jaya. Pelatihan diselenggarakan dari pagi hingga sore hari.

Para peserta pelatihan sangat antusias dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh pustaka Unsyiah. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang mereka tanyakan. Bu Kamariah dari SMP 3 mereudu misalnya, ia mengeluhkan kurangnya kinerja di perpustakaannya dan ia bertanya berapa lama jam yang diperlukan sehingga tujuan dari adanya perpustakaan bisa  tercapai.

“Setelah kami menanyakan kembali kepada ibu Kamariah, kegiatan mereka hanya melayani rutin yang angka kreditnya kecil, cuma itu, wajar saja tidak cukup. Kami pun menyarankan model kegiatan jangan cuma rutin saja, tetapi coba buat kegiatan kreatif dengan siswa atau guru seperti story telling, ceramah, buat resensi, ambil waktu istirahat atau ada guru yang absen ngajar”, ungkap kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah.

Ia juga menambahkan, problem perpustakaan sekolah adalah sama dimana-mana, jumlah buku yang dimiliki bukanlah masalah utama, yang utama adalah kurangnya kompetensi pengelolaan yang standar. Ia berpikir kalau kedepan Unsyiah tetap membuat bakti sosial dengan berganti target kabupaten, perpustakaan siap memberikan pembekalan untuk perpustakaan kabupaten atau kota dan sekolah yang terpilih,” pungkasnya. [RSK]

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.