Kesan Dosen UI Terhadap Perpustakaan Unsyiah

20a32b2b-fa26-45af-89e7-a91265b284bb

Librisyiana, Darussalam- Kamis 04/10/18, Bapak Dr. H. Zulfikar Zen, MA selaku wakil ketua umum Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) memberikan seminar di Perpustakaan Prof. Dr. H. Abdullah Ali, M.Sc Universitas Syiah Kuala dengan tema “Hakikat Profesi dan Kode Etik Pustakawan” yang diikuti oleh spara pustakawan se-Aceh. Sebelumnya, Bapak Zulfikar sempat memberikan seminar mengenai “Standarisasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Perpustakaan Sekolah” di Grand Arabia Hotel, Banda Aceh setelah diundang oleh Majelis Pendidikan Aceh (MPA).

Bapak Zulfikar yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia ini menjelaskan mengenai bagaimana pentingnya para pustakawan untuk menjaga kredibilitasnya dalam bekerja, terlebih di era modern seperti saat ini dimana perpustakaan telah diabaikan fungsinya sebagai sumber informasi dalam kegiatan belajar dan mengajar, tergantikan oleh adanya fitur-fitur teknologi informasi yang mampu memberikan akses untuk membaca berbagai macam buku. “Manusia ini butuh nasi, dan juga informasi. Nasi itu diperlukan semua manusia, dan informasi juga. Informasi itu ada dimana? Di perpustakaan”, Tuturnya. Setelah memberikan seminar di Perpustakaan Unsyiah ini, Bapak Zulfikar berharap para pustakawan di Aceh mampu meningkatkan kecintaan mereka terhadap profesinya.

Bapak Zulfikar mengaku ini bukan kali pertamanya datang ke Perpustakaan Unsyiah, “Bukan, ini bukan kali pertama, sudah sering”, Jawabnya saat diwawancara. Ketika ditanyai mengenai kesan-kesan atas kunjungannya ke perpustakaan ini, Bapak Zulfikar mengaku kagum terhadap upaya Bapak Taufiq Abdul Ghani selaku ketua UPT. Perpustakaan yang sering mengadakan berbagai kegitatan pengabdian perpustakaan, diantaranya dengan beberapa dinas, Perguruan Tinggi Swasta (PTS), hingga mengasuh beberapa sekolah. Hal ini meninggalkan kesan yang baik menurut Bapak Zulfikar. [Anti]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.