Keseruan menjadi relawan di UPT.Perpustakaan Unsyiah

th

 

Librisyana, Darussalam – Apakah anda tertarik dengan kegiatan sosial? Menjadi relawan mungkin salah satu pekerjaan yang patut dicoba.  Melalui UPT. Perpustakaan Unsyiah, mahasiswa dapat merasakaan sensasi menjadi volunteer bagi perpustakaan. Dengan menjadi relawan perpustakaan, mahasiswa dapat mengisi waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat.  Rahmah Agustira M, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Akuntansi adalah salah satu volunteer di UPT. Perpustakaan Unsyiah. Baginya, menjadi volunteer merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Rahmah merasa sangat beruntung karena dapat berkontribusi dalam pelayanan perpustakaan.

“Menjadi relawan perpustakaan itu sangat seru. Selain kuliah, saya dapat mengisi kegiatan di waktu luang saya dengan hal-hal yang positif. Karena background saya adalah mahasiswa akuntansi, saya harus melatih kemampuan saya di bidang pelayanan publik. Dengan menjadi volunteer, saya sudah terbiasa dalam berinteraksi dengan pengunjung di perpustakaan sehingga kemampuan dalam pelayanan publik saya semakin bertambah.”, katanya.

Rahmah mengatakan, bahwa menjadi seorang relawan di perpustakaan harus memenuhi kriteria tertentu. Mahasiswa yang bergabung adalah mahasiswa aktif yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih dari 3,00. Selain itu mahasiswa yang bergabung harus memiliki dasar pengetahuan tentang perpustakaan dan memiliki ketertarikan terhadap kegiatan yang ada di perpustakaan.

Saat ditanya apakah bergabung menjadi relawan perpustakaan menghambat kegiatan perkuliahan, Rahmah menjawab secara tegas. “Menurut saya, menjadi volunteer sama sekali tidak mengganggu aktifitas perkuliahan saya. Karena pihak koordinator perpustakaan sendiri memberikan toleransi bagi kami yang memiliki jam kuliah pada saat jadwal menjadi relawan. Dengan syarat, melapor ke pihak perpustakaan dari hari-hari sebelumnya.”

“Untuk tugas relawan itu sendiri, kami ditempatkan di tempat yang berbeda-beda sesuai dengan tugasnya. Kalau saya, ditempatkan dibagian check in counter yang bertugas untuk memeriksa dan memindai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi setiap pengunjung perpustakaan.”, tambahnya.

Rahmah juga menambahkan tak hanya bertugas di check in counter, ada juga relawan yang bertugas sebagai Shelving Crew, yaitu relawan yang setiap harinya merapikan dan menyusun buku-buku yang telah dikembalikan pengunjung. Selain itu ada juga relawan yang bertugas memeriksa isi tas pengunjung setiap masuk atau keluar dari perpustakaan Unsyiah.

“Kegiatan ini tidak hanya mengisi luang waktu saya, namun bisa menambah skill saya dalam berinteraksi dengan sesama dan menambah pengetahuan saya mengenai perpustakaan. Saya tidak menemukan hal-hal negatif pada saat saya bergabung dalam kegiatan ini.”, ujar Rahmah mengakhiri pembicaraan. [MS]

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.