Lab Ilmu Komunikasi FISIP Gelar Praktik Protokoler di Perpustakaan Unsyiah

FB_IMG_1495723947313Librisyiana – Darussalam, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP melalui Lab Ilmu Komunikasi mengadakan praktik mata kuliah Protokoler, Selasa (23/05/17) di Perpustakaan Unsyiah. Ketua Laboratoriumnya ibu Nadia Muharman menjelaskan mahasiswa mempraktekkan bagaimana merancang sekaligus menjalankan sebuah event, yang kali ini dipilih sebuah seminar. Librisyiana melihat walaupun ini adalah kegiatan akademik berupa praktikum mata kuliah, mahasiswa melakukan dengan sungguh-sungguh, tidak berbeda sebagai event sungguhan.  Mahasiswa berkreasi mempersiapkan acara, menyusun dan menjalankannya dengan protokoler tertentu dan akhirnya melakukan post-review atas event yang telah dilakukan.

Kepala Perpustakaan Unsyiah, Bapak Dr. Taufiq Abdul Gani menyambut baik inisiatif Lab Ilmu Komunikasi FISIP ini, dimana Perpustakaan dimanfaatkan bukan cuma tempat pinjam dan membaca buku, tetapi lebih dari itu. “Perpustakaan adalah sarana akademik dimana berbagai macam kegiatan akademik bisa dilakukan. Namun pustakawan tidak mungkin melakukannya sendiri, oleh karena itu kami membuka diri terhadap partisipasi civitas yang mau berkreasi dalam kegiatan akademik, waktu dan tempat kami sediakan. Berbagai fasilitas sudah kita perbaiki dan dapat dipergunakan secara free. Kegiatan ini sejalan dengan tag-line tahun ini yaitu it is more than just a library”, demikian pak Taufiq menjelaskan. Memang tidak dipungkiri selama ini peran serta program studi di Unsyiah dalam pengembangan Perpustakaan Unsyiah cukup besar terutama Teknologi Informasi oleh Program Studi Teknik Elektro dan MIPA Informatika, Interior Desain oleh Teknik Arsitektur, Survey dan Data Analisis oleh MIPA Matematika dan Statistika, Pelayanan Prima, Komunikasi dan In-housed Publishing oleh FISIP Ilmu Komunikasi dan Seni Budaya oleh FKIP Sendratasik. “Ke depan Perpustakaan Unsyiah memerlukan bantuan berbagai macam Program Studi untuk manajemen perkantoran dan kesektariatan, mitigasi bencana, preservasi bahan koleksi, perawatan mesin AC dan Lift dan smart building. Kepakaran tersebut sebenarnya ada pada mahasiswa dan dosen di Program Studi. Dengan adanya kerjasama, Insya Allah akan menghasilkan mutualisme yang bermanfaat bagi berbagai macam pihak” demikian harapan pak Taufiq.

Praktikum yang dijalankan kali ini oleh Lab Ilmu Komunikasi FISIP adalah berupa seminar interaktif “Berani aktif dan kreatif melalui event dan literasi”, bertempat di Libri Café, lantai 1 Perpustakaan Unsyiah. Seminar yang bertujuan untuk memotivasi mahasiswa untuk lebih berkreasi ini diisi oleh Mulkan Kautsar (Duta Baca Unsyiah 2017) dan Oza Akmal Maulana (Pemimpin Redaksi Librisyiana UPT. Perpustakaan Unsyiah, yang juga peserta mata kuliah Protokoler )

Acara yang diikuti oleh 40 orang peserta ini membahas secara interaktif mengenai sejauh mana peran mahasiswa untuk lebih meningkatkan kreatifitasnya. “hari ini peran mahasiswa sangat penting, maka oleh sebab itu acara seminar interaktif ini mempunyai target untuk mengajak mahasiswa lebih berkarya” Tutur Azzura, mahasiswa praktikan yang mengambil peran sebagai Ketua Panitia.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.