Library Gift Shop, Wadah Wirausaha Mahasiswa di Perpustakaan Unsyiah

20170919_144532

Librisyiana, Darussalam – Library Gift Shop (LGS) adalah salah satu cabang dari Center for Creative Industry of Syiah Kuala University (CCIS) yang berdiri pada April 2011. Pencetus awal usaha ini adalah beberapa dosen diantaranya Ibu Ernawati, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Bapak Syaifullah, dosen Fakultas Teknik. Tujuan utama dari Library Gift Shop agar Unsyiah memiliki toko souvenir sendiri, sehingga jika ada studi banding atau kunjungan dari universitas lain, mereka bisa dengan mudah mendapat souvenir khas Unsyiah.

Library Gift Shop bekerja sama dengan UPT. Perpustakaan Unsyiah. mereka menyewa pojok bangunan dibawah tangga. Namun, Perpustakaan Unsyiah tidak meminta fee berupa uang melainkan buku.

Library Gift Shop menyediakan berbagai souvenir handycraft khas Unsyiah, seperti gantungan kunci, wisuda gift, boneka dan berbagai aksesoris dengan kisaran harga Rp 3.000,- hingga Rp 150.000,-. Kebanyakan barang yang tersedia di Library Gift Shop merupakan barang titipan dari mahasiswa Unsyiah dan UKM Unsyiah.

Bagi mahasiswa yang berminat untuk menitipkan barang, pihak LGS meminta bon, list barang dan biaya operasional. Namun, barang yang dititipkan tidak bisa langsung diterima, pihak LGS akan menyortir terlebih dahulu. Titipan dari mahasiswa tersebut dijual dengan sistem bagi hasil, yaitu 80% untuk mahasiswa dan 20% untuk pihak LGS.  Jadi, ini merupakan salah satu peluang untuk mahasiswa yang ingin mulai berbisnis. Omzet per bulan yang didapatkan Library Gift Shop mencapai Rp 5.000.000,- per bulan, tergantung jumlah pengunjung perpustakaan.

“Biasanya ketika tahun ajaran baru omzet meningkat mecapai Rp 5.000.000,- perbulan sedangkan saat hari biasa atau libur semester omzet menurun hingga mencapai Rp 500.000,- perbulan”. Ujar Maya Tasya alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala selaku pengelola Library Gift Shop.

Untuk kedepannya Maya Tasya berharap agar lebih dikenal lagi dikalangan mahasiswa dan dapat membantu mahasiswa dalam berwirausaha. [Dian/Vira/DMM]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.