Manajemen Risiko dan Keamanan Informasi Jadi Fokus Audit Internal Perpustakaan Unsyiah #5

23119900_10215039314075351_4166181462845420044_oLibrisyiana, Darussalam-Perpustakaan Unsyiah akan mengadakaan Audit Internal ke #5, hari Senin sd Rabu, dari tanggal 6 sd 8 November 2017. Untuk persiapan dan kesuksesan pelaksanaan, telah diadakan rapat pembukaan Audit hari ini (11/3-2017) di ruang rapat, dihadiri oleh kepala, tim internal auditor dan staf  Perpustakaan Unsyiah.

Kepala Perpustakaan, Dr. Taufiq Abdul Gani dalam pembukaan mengharapkan keseriusan semua komponen dalam pelaksanaa audit internal sesuai fungsi masing-masing. Audit internal kali ini memastikan apakah manajemen risiko sudah diterapkan dengan baik dan kesiapan Perpustakaan Unsyiah dalam sertifikasi ISO 27001 Sistem Manajemen  Keamanan Informasi.

“Kita sudah menerapkan manajemen risiko tahun lalu dan keamanan informasi bulan September 2017. Audit internal  ini akan memastikan sejauh mana kesiapan Perpustakaan Unsyiah dalam menjalankan pengendalian terhadap risiko dan keamanan informasi”, demikian penjelasan Dr. Taufiq Abdul Gani.

Secara teknis, ketua tim audit internal yang sekarang, ibu Charlis Siana Rosita menjelaskan bahwa metode yang digunakan dalam audit internal kali ini berbeda dari yang sebelumnya karena ada penambahan penilaian terhadap proses, yaitu berupa survei dan roled play.

“Kita tidak hanya memeriksa dokumen dan wawancara kali ini, kita akan lihat sejauh mana pengendalian dilakukan terutama pada titik yang berisiko tinggi. Kita akan lakukan survey  dan pengamatan secara diam-diam dan random sampling tanpa diketahui petugas. Beberapa incident akan sengaja dibuat (roled play) dan dilihat bagaimana petugas menyelesaikan dan mengendalikannya”, demikian penjelasan ibu Charlis.[Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.