MEMBACA CEPAT

LOMBA MEMBACA CEPAT UNSYIAH LIBRARY FIESTA 2018 

IMG-20180303-WA0015

PROSEDUR LOMBA MEMBACA CEPAT 

Membaca cepat (speedreading) merupakan salah satu dari metode membaca dengan tujuan mendapatkan informasi langsung dengan cepat menggunakan sistem waktu. Informasi yang didapat harus sesuai dengan apa yang dibaca. Terdapat dua teknik yang sering digunakan dalam membaca cepat yaitu skimming dan scanning. Teknik skimming, membaca dengan kecepatan tinggi untuk mencari hal-penting (ide pokok) pada bacaan yang dibaca. Sedangkan teknik scanning, membaca pada hal yang ingin diketahui dari bacaan tersebut, dengan maksud agar pembaca tidak perlu membaca dari awal hingga akhir bacaan.

PERSYARATAN LOMBA

  1. Peserta lomba merupakan mahasiswa/i yang berdomisili di Aceh.
  2. Jumlah peserta tidak terbatas.
  3. Peserta wajib mengisi format link pendaftaran online yang bisa diakses di library.unsyiah.ac.id/membacacepat atau http://bit.ly/2GJ1ad9
  4. Peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 20.000. Biaya pendaftaran bisa langsung dibayarkan di posko pendaftaran lomba ULF (dekat Libry Cafe) dari jam 09.00 s/d 17.00 WIB atau via transfer ke No Rek: 0087-01-035921-50-4 (BRI) an. Maulidar Agustina.

Note : bagi peserta yang melakukan pembayaran via transfer, harap mengirimkan bukti transfer ke salah satu CP yang tersedia.

TEKNIS PELAKSANAAN LOMBA

  1. Peserta wajib hadir tepat waktu sebelum perlombaan dimulai. Jika peserta terlambat hadir, maka pihak panitia berhak mendiskualifikasikan peserta.
  2. Peserta wajib mengenakan pakaian yang sopan dan rapi.
  3. Para peserta akan diberikan naskah dengan tema “Mengenang Sejarah Aceh”. Kemudian, para peserta akan diberikan beberapa pertanyaan yang telah disediakan  yang berkaitan dengan naskah tersebut.
  4. Durasi waktu membaca 5 menit. Apabila peserta telah selesai membaca naskah kurang dari 5 menit, maka peserta bisa langsung mengacungkan tangan pada dewan juri. Lalu, dewan juri akan mempersihlakan peserta untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan. Semakin cepat waktu membaca maka semakin baik dalam sistem penilaian.
  5. Lomba terdiri dari 2 (dua) babak yaitu babak penyisihan dan semifinal. Pada babak penyisihan, seluruh peserta akan diberikan teks bacaan beserta pertanyaan mengenai teks yang dibaca. Sepuluh peserta dengan perolehan nilai tertinggi dibabak penyisihan akan dilombakan kembali untuk memperebutkan juara I, II dan III.
  6. Para pemenang didasarkan pada penilaian juri dan tidak dapat diganggu gugat.
  7. Para pemenang akan diumumkan pada jadwal yang telah ditentukan.

JADWAL  PENTING

  • Pembayaran dan pendaftaran lomba tanggal 5-23 Maret 2018.
  • Technical meeting tanggal 24 Maret 2018.
  • Perlombaan pada tanggal 26 Maret 2018 di ruang Seminar lantai 3 Perpustakaan Unsyiah pada pukul 09.00 WIB sd. Selesai.
  • Pengumuman untuk babak penyisihan akan diberitahukan langsung pada hari yang sama saat lomba dilaksanakan sedangkan untuk pemenang lomba (juara I,II, dan III) akan diumumkan pada tanggal 30 Maret 2018.

INFORMASI LEBIH LANJUT IG: @upt_perpustakaan_unsyiah Web: http://library.unsyiah.ac.id

Contact Person: Tiara Tama (082160011156), Tria Agustin Dharma   (082362999810)

Total Hadiah: Rp 1.780.000,-

Share This: