Mudahnya Meminjam Buku Dengan Mesin Peminjaman Mandiri

Salah seorang mahasiswa saat melakukan peminjaman buku menggunakan mesin peminjaman mandiri.

Salah seorang mahasiswa saat melakukan peminjaman buku menggunakan mesin peminjaman mandiri.

Librisyiana, Darussalam – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat segala hal menjadi lebih mudah, seperti halnya dalam melakukan peminjaman buku di Perpustakaan Unsyiah.

Mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini, pengunjung tidak perlu lagi mengantri terlalu lama hanya untuk dapat meminjam buku. Dengan mesin peminjaman mandiri, pengunjung dapat melakukan peminjaman secara sendiri tanpa perlu dibantu oleh para petugas. Proses peminjamannya pun sangat mudah. Hal ini juga turut diungkapkan oleh Qamarul Akhyar, mahasiswa Fakultas Ekonomi Pembangunan Unsyiah. “Dengan adanya mesin peminjaman mandiri ini buat kami yang mahasiswa jadi lebih enak dan gampang untuk minjam buku buat bahan referensi, apalagi kalau pake mesin kan lebih cepat dan simpel. Gak buang banyak waktu ”, ungkapnya.

Dalam proses peminjaman, langkah awal yang harus dilakukan oleh peminjam adalah mendaftarkan diri kepada petugas sirkulasi dengan menunjukkan kartu identitas. Kemudian, peminjam dapat langsung menuju mesin peminjaman mandiri dan melakukan scan barcode yang ada pada kartu identitas serta memasukkan password yang diinginkan untuk keamanan. Selanjutnya, peminjam dapat meletakkan buku yang ingin dipinjam pada tempat peminjaman yang telah disediakan dan menekan tombol selesai pada layar serta mengambil slip peminjaman yang keluar secara automatis pada mesin tersebut.

Dengan adanya mesin peminjaman mandiri ini, pihak perpustakaan berharap para pengunjung khususnya yang ingin meminjam buku di Perpustakaan merasa nyaman tanpa harus mengantri terlalu lama. Dan apabila pengunjung mengalami kendala dalam proses peminjaman, peminjam dapat menemui pustakawan yang berada di meja help desk yang letaknya tidak jauh dari mesin tersebut atau pustakawan bagian sirkulasi yang selalu siap membantu para pengunjung. [Rdl]

 

Editor: Putri Wahyuni

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.