PELATIHAN SASTRA INTERNAL KASTA (PSI-KASTA)

15/04/2019 at 20:06

IMG-20190414-WA0013

Librisyiana, Darussalam- Minggu (14/4). Komunitas Anak Sastra Atjeh (KASTA) bekerjasama dengan UKM Literasi Informasi menyelenggarakan pelatihan Sastra Internal KASTA atau disingkat dengan PSI KASTA yang diadakan di ruang seminar lantai 3 UPT. Perpustakan Unsyiah.

Pelatihan tersebut dimulai pada pukul 09.30.00 WIB s/d selesai yang di ikuti oleh sekitar 31 peserta yang terdiri dari UKM literasi informasi serta anggota baru KASTA dengan tujuan agar peserta yang baru bergabung di KASTA dapat menambah wawasan mengenai ilmu dasar tentang sastra.

Tidak hanya itu pelatihan ini juga menghadirkan langsung presiden KASTA Bang Ricky Syah R yang sekaligus menjadi pemateri serta membuka acara pelatihan tersebut. Selain presiden KASTA, beberapa pemateri yang tidak kalah menariknya adalah kak Zahra Nurul Liza, S. Pd., M. Pd (Cerpenis dan Penulis Lakon), ibu Rismawati, S.Pd., M.Pd. (Dosen Sastra, Penulis GLN (Gerakan Literasi Nasional) serta ibu Mahdalena (Aktivis dan Aktris).

Pelatihan sastra pertama disampaikan oleh pemateri yang sangat berpengalaman dalam bidangnya, yaitu kak Zahra Nurul Liza, S. Pd., M. Pd (Cerpenis dan Penulis Lakon), dalam pelatihan tersebut beliau menyampaikan beberapa point mengenai prosa, yaitu karya sastra apa saja yang termasuk ke dalam karya prosa, struktur pembangun prosa, serta tahapan-tahapan dalam hal menulis prosa, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta PSI KASTA.

Selanjtunya, dilanjutkan oleh pemateri kedua oleh presiden KASTA bang Ricky yang menyampaikan tentang mengapa kita harus menulis, niat dalam menulis, dan menulis menurut orang terdahulu, beliau juga menyampaikan bahwa dengan menulis kita akan mengabadikan diri.

Dalam acara ini terlihat peserta sangat antusias megikuti setiap rangkaian kegiatan hingga akhir, salah satunya Molla peserta dari UKM litersi informasi ini mengungkapkan “ senang ketika bisa ikut acara seperti ini, karena banyak ilmu yang didapat dan kebetulan saya juga sedikit susah dalam bidang sastra, apalagi pematerinya seru, setiap materi yang disampaikan mudah untuk ditangkap oleh peserta, dan dengan adanya arahan dan semangat dari pemateri membuat saya lebih giat menulis dan saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini kendala saya dalam menulis bisa teratasi”.

Sejalan dengan Molla pendiri KASTA bang Ricky Syah R mengungkapkan “ saya berharap agar semua teman-teman menjadi sastrawan atau penulis yang baik setelah bergabung di KASTA, berkarya untuk ke bermanfaatan dan selalu setia berjuang bersama KASTA. Dan untuk UKM literasi informasi semoga menjadi teman baik KASTA dan juga menjadi UKM yang mampu melahirkan generasi penulis handal dikalangan kampus dan terus bekerja sama dalam hal membuat acara kepenulisan guna untuk menambah wawasan SDM didalamnya”

[YANA]

 

Share This:

Comments

comments