Peringati Hari Buku Nasional, Duta Baca Unsyiah Harapkan Mahasiswa Unsyiah Tingkatkan Minat Baca

IMG_20170519_045629Librisyiana, Darussalam- Setiap tanggal 17 Mei, Indonesia memperingati Hari Buku Nasional. Penetapan Hari Buku Nasional pada tanggal 17 Mei ini adalah ide Menteri Pendidikan era Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar, pada tahun 2002 lalu. Hari Buku Nasional juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta, pada 17 Mei 1980, yang diharapkan dapat memacu minat baca di kalangan masyarakat Indonesia.

Di hari buku nasional, tim librisyiana berkesempatan mewawancarai Duta Baca Unsyiah 2017, Misra Hanum, ia memberi pendapatnya mengenai bagaimana cara meningkatkan minat baca di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

“Kebanyakan mahasiswa dan masyarakat lebih suka mengobrol daripada membaca buku, itulah mengapa minat membaca di Indonesia masih rendah. Sebenarnya untuk meningkatkan minat baca harus dimulai dari diri kita sendiri, dengan membiasakan membaca buku sehari sekali dari pada menghabiskan waktu melakukan hal yang tidak perlu”, ungkapnya.

“Untuk meningkatkan minat baca mahasiswa Unsyiah, saya rasa  UPT. Perpustakaan Unsyiah memiliki cara yang sangat ampuh. Dimana perpustakaan Unsyiah memadukan antara buku yang dianggap membosankan, dengan hal-hal modern yang dianggap kekinian oleh mahasiswa dan masyarakat. Contohnya ada relax and easy, harmony kampus, dan adanya Libricafe. Ini semua tentunya bertujuan untuk menarik pengunjung ke pustaka, serta tidak membuat mereka bosan dan jenuh jika berada di pustaka. Selain itu, kita juga bisa memberi sosialisasi agar mahasiswa dan masyarakat mau membiasakan membaca sejak usia dini, karena jika dimulai sejak kecil maka akan terbawa kebiasaan mereka hingga besar nanti”, lanjutnya.

Misra Hanum juga menyarankan kepada mahasiswa Unsyiah khususnya, agar terbiasa ke perpustakaan manapun untuk membaca buku. Perpustakaan Unsyiah bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Karena perpustakaan Unsyiah memberikan kenyamanan dan pelayanan yang baik bagi seluruh pengunjung perpustakaan. (Ronny)

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.