Perpustakaan Dukung Akreditasi Jurusan dan Fakultas di Unsyiah

Ban PT aLibrisyiana, Darussalam – Dalam proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) baik ditingkat Jurusan maupun Fakultas, tentu mempunyai syarat-syarat administrasi yang harus dilengkapi, begitu halnya  juga dengan administrasi keperpustakaan. Oleh karena itu, permintaan data Perpustakaan meningkat seiring banyaknya Jurusan dan Fakultas di Unsyiah yang mengurus akreditasi lembaganya. Seperti hal nya kunjungan tim asesor Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) Unsyiah Selasa (8/12) lalu.

Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) didirikan pada tahun 1994 dan telah dirumuskan kembali dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta telah dikeluarkannya Permendikbud No. 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional.  Adapun tugas dari BAN-PT meliputi mengembangkan sistem akreditasi nasional,  melaksanakan akreditasi institusi, melaksanakan penilaian kelayakan Prodi /PT baru bersama Ditjen Dikti, memberikan rekomendasi, evaluasi terhadap LAM, dan melaksanakan akreditasi program studi yang belum memiliki LAM serumpun.

Mauzunani, SIP, ketua bidang Penjamina Mutu di Perpustakaan Unsyiah mengatakan karena Perpustakaan Unsyiah merupakan Perpustakaan Utama yang menampung semua kebutuhan bahan yang menyangkut dengan Jurusan-Jurusan di Universitas Syiah Kuala, permintaan dari Jurusan maupun Fakultas pun beragam. Khususnya data-data yang menyangkut dengan jurusan seperti data jumlah pengunjung dari jurusan, jumlah koleksi yang menyangkut dengan jurusan seperti jurnal yang terakreditasi, buku, dan permintaan ijazah serta SK (Surat Keputusan) para pustakawan sebagai syarat dalam pengajuan akreditasi jurusan.

“Perpustakaan Unsyiah mendukung setiap jurusan maupun fakultas yang sedang mengajukan akreditasinya, kami siap memberikan data sesuai yang apa yang dibutuhkan” tambahnya. [OUD]

 

Editor: Putri Wahyuni.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.