Perpustakaan Kementerian Luar Negeri RI Kunjungi Perpustakaan Unsyiah

22/12/2018 at 20:50

20181221_181944

Librisyiana, Darussalam- Jum’at (21/12), Perwakilan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI kunjungi Perpustakaan Unsyiah dalam rangka studi banding untuk melakukan pengembangan terhadap perpustakaan Kemlu RI serta mendistribusikan hasil-hasil kajian dari  BPPK (Badan Pengkajian Pengembangan Kebijakan) Kemlu RI  yang dapat dijadikan sebagai acuan kerjasama antara Perpustakaan Unsyiah dan Perpustakaan Kemlu RI.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Perpustakaan Unsyiah menjelaskan framework pengembangan tata kelola perpustakaan dan sasaran mutu yang telah dicapai kepada perwakilan Perpustakaan Kemlu RI. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang Perpustakaan Unsyiah yang menjadi pusat literasi. Dimana tidak hanya berupa kegiatan yang berkaitan dengan buku, akan tetapi juga menjadi workingspace bagi mahasiswa Unsyiah.

Ia berpendapat bahwa tidak menutup kemungkinan  bagi perpustakaan khusus kementerian untuk menerapkan konsep yang sama dengan level yang berbeda.

Ia juga berharap dapat menjalin kerjasama dalam hal Open Educational Resources (OER) dengan perpustakaan Kemlu RI. Dimana perpustakaan Unsyiah dapat memberikan ebook gratis berlisensi creative common yang berasal dari Universitas luar negeri seperti Oxford University.

Tentu saja hal ini disambut baik oleh pihak perpustakaan Kemlu RI.

Erwin Shiddiq, salah satu perwakilan dari Perpustakaan Kemlu RI mengatakan, “Semakin baik harmoni atau bermitra dengan perpustakaan Unsyiah, saya rasa perpustakaan kami akan menjadi lebih baik ke depannya,”ujarnya dalam wawancara.

Ia juga berharap perpustakaan Unsyiah dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu perpustakaan dalam ruang yang lebih luas seperti mengembangkan hubungan kerjasama.[PINA][ZAAC]

Share This:

Comments

comments