Perpustakaan Unsyiah di Serbu Pengunjung

1

Ibarat pepatah mengatakan rajin pangkal pandai malas pangkal bodoh, agaknya pepatah ini sudah mulai banyak disadari oleh masyarakat, dengan banyak membaca maka banyak pulalah ilmu yang didapat, terutama bagi kalangan mahasiswa unsyiah, ini terlihat dari ramainya pengunjung Perpustakaan Universitas Syiah Kuala dalam 5 tahun terakhir ini.

Kepala Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Dr.Bapak Taufiq Abdul Gani,S.Kom,. mengatakan sejak Senin 8 September 2014 hingga 12 September 2014 jumlah peminjaman buku meningkat tajam sepertinya Rekor akan pecah. Jumlah buku dipinjam sudah mencapai 2.616 … padahal baru 1/2 bulan berjalan. Satu peningkatan yang luar biasa, karena total September 2013 (tahun lalu) jumlahnyanya 2.545. Rekor sejak tahun 2012 adalah Feb 2014 yaitu 3.774 eksemplar …. Sepertinya rekor akan terpecah bulan September ini dengan peminjaman sebanyak 4000 sd 5000 eksemplar.
Ada pun koleksi yang habis di pinjam tersebut adalah ilmu dasar misalnya Calculus Purcell, Fisika Halliday/Pantur Silaban, Kimia dll yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa semester 1 (2014).

Alternatifnya, bapak dan ibu pengajar matakuliah Ilmu Dasar disetiap Fakultas untuk mempertimbangkan penggunaan e-Book yang telah dilanggan unsyiah, yaitu ebrary di alamat http://site.ebrary.com/lib/unsyiah/ . Banyak sekali buku ilmu dasar di setiap fakultas terdapat di ebrary.
Jika bapak/ibu dan mahasiswa memerlukan bimbingan terhadap penggunaan ebrary silahkan menghubungi help-desk kami disetiap lantai
Penggunaan online e-book membawa banyak keuntungan karena dapat diakses secara serentak dan tidak terbatas

Kebanyakan mahasiswa membaca lebih dari dua buku, dan umumnya berada di pustaka selama 1 sampai 3 jam lebih. Ada juga mahasiswa yang mengerjakan tugas kelompok sambil mencari buku pelajaran dan referensi yang ada di dalam pustaka, pustaka unsyiah juga di lengkapi akses internet (Wi-Fi) gratis yang disediakan bagi para pengujung pustaka.

Total judul buku yang di miliki oleh perpustakaan unsyiah saat ini adalah 74985. Total eksemplar dalam koleksi sebanyak 133664 dengan total mahasiswa yang terdaftar saat ini 10267 anggota.

Sementara itu,Yuliana Rachim salah satu mahasiswa teknik arsitektur unsyiah berharap semoga mesin peminjaman mandiri cepat berfungi,agar saat meminjam buku dapat di lakukan secara otomatis tidak perlu manual lagi. Dia juga berharap koleksi buku arsitektur dapat di tambah, karna kalau di beli sangat mahal katanya.

Sedangkan untuk jadwal dibukanya, perpustakaan unsyiah buka setiap hari senin s.d jumat dari pagi sampai dengan malam jam 9.00, dan mulai 6 September 2014 Perpustakaan Unsyiah membuka pelayanan setiap SABTU jam 08.00 s.d 13.00, kami libur pada hari Minggu dan hari besar nasional. Jadual layanan bisa dilihat di Running Text Pustaka TV

http://library.unsyiah.ac.id/tv-streaming/

Pustaka unsyiah itu bukan cuma tempat pinjam buku, tapi juga tempat learning and social space, tempat kita belajar, berinteraksi, dan bersosialisasi. Datang ya …

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.