Perpustakaan Unsyiah Jadi Perpustakaan Pertama Peraih SNI Award

21/11/2019 at 07:36
Penyerahan piala SNI Award kepada Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Marwan

Penyerahan piala SNI Award kepada Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Marwan

 

Librisyiana, Darussalam-Rabu(20/11) Kepala Badan Stadarisasi Nasional (BSN), Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc, mewakili Pemerintah RI memberikaan penghargaan SNI Award kepada Perpustakaan Unsyiah dalam kategori perunggu berdasarkan keputusan Dewan Juri SNI Award 2019, yang diketuai oleh Prof. Dr. Rhenald Kasali. Penyerahan piala SNI Award dilaksanakan lewat acara malam Penganugerahan SNI Award 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta. Piala penghargaan tersebut diterima oleh Rektor Unsyiah yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Marwan. Penganugerahan tersebut turut dihadiri Kepala Perpustakaan Unsyiah saat ini, Dr. Ing. Rudi Kurniawan, S.T, M.Sc serta Kepala Perpustakaan sebelumnya, Dr. Taufiq Abdul Gani, S.Kom, M.Eng.Sc.

 Dalam penyampaian kata sambutan, Profesor Bambang menyatakan SNI Award ini telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2005. SNI Award ini merupakan National Quality Award, yaitu penghargaan resmi dari Pemerintah RI bagi organisasi, lembaga, atau badan usaha di Indonesia yang telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk keunggulan produk dan layanannya. Penyerahan piala SNI Award juga dilakukan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Ir. Airlangga Hartarto bersama Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional Prof. Dr, Bambang Brojonegoro untuk peraih peringkat lainnya. Peringkat tertinggi diraih oleh 3 Badan Usaha Milik Negara dan Swasta, yaitu Pertamina Lubricants, PT Adhya Tirta Batam (ATB) dan Petrokimia Gresik. Penghargaan Grand Platinum diberikan kepada Petrokimia Gresik atas pencapaian 3 kali mendapatkan peringkat Platinum. Selain itu penghargaan Appreciation for Maintaining Grand Platinum juga diberikan kepada PT. Pupuk Kaltim atas usahanya mempertahankan keunggulan dalam menerapkan SNI.

Proses keikutsertaan Perpustakaan Unsyiah dalam penghargaan ini dilakukan pada masa kepemimpinan bapak Dr. Taufiq Abdul Gani di Perpustakaan Unsyiah. Keikutsertaan ini juga disertai dukungan pimpinan, civitas dan semua staf meningkatkan pengembangan layanan secara besar-besaran sejak tahun 2012. Penerapan Standar Nasional Indonesia untuk manajemen mutu, keamanan informasi dan layanan teknologi informasi di Perpustakaan sudah dimulai sejak tahun 2015 dan dilakukan agar Perpustakaan lebih terarah serta terpadu. Hal ini sejalan dengan penjelasan bapak Dr. Taufiq Abdul Gani, “Semua pihak mulai dari pimpinan, civitas dan semua staf telah bekerja sama dalam meningkatkan mutu layanan. Kami menerapkan SNI untuk manajemen mutu, keamanan informasi dan layanan teknologi informasi supaya pengembangan ini terarah dan terpadu”

Evaluator SNI Award, Ibu Elvina Rahayu, M.Si menyatakan sebelumnya dalam site evaluation pada bulan Agustus lalu bahwa keikutsertaan Perpustakaan Unsyiah tercatat sebagai organisasi Perpustakaan Indonesia pertama yang meraih penghargaan ini. Pada tahun ini Perpustakaan Unsyiah bersaing dengan 188 peserta terdaftar dari berbagai jenis organisasi, lembaga dan badan usaha.

Dr.Ing. Rudi Kurniawan, M.Sc mewakili staf Perpustakaan Unsyiah kepada redaksi menyatakan bertekad untuk terus meningkatkan mutu layanan dengan standar ISO/SNI 9001:2015, ISO/SNI 27001:2013 dan ISO 20000-1:2018 serta mempertahankan dan meningkatkan level SNI Award untuk tahun mendatang bersaing dengan berbagai organisasi atau badan usaha.

Prof. Dr. Ir. Marwan mewakili pimpinan Unsyiah mengucapkan selamat atas penghargaan ini dan hal ini didedikasikan untuk semua teman di Perpustakaan Unsyiah atas kebersamaan dan komitmen mutunya.

Share This:

Comments

comments