Perpustakaan Unsyiah Luncurkan Aplikasi Uilis Mobile

Screenshot_2016-04-08-14-05-19_com.android.vending

UPT Perpustakaan Unsyiah tidak henti-hentinya membuat gebrakan baru. Kali ini, pustaka unsyiah membuat inovasi dengan meluncurkan aplikasi Uilis mobile untuk android. Uilis adalah sebuah mesin pencarian yang memudahkan mahasiswa untuk menemukan buku apa yang hendak dicarinya.

“Peluncuran aplikasi uilis mobile ini terinspirasi dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Dimana kami melakukan penyesuaian aplikasi perpustakaan dengan trend teknologi, karena teknologi yang ada saat ini terus mempermudah pelayanan perpustakaan” kata Taufiq Abdul Gani selaku kepala UPT Perpustakaan Unsyiah pada Rabu (6/4/2016).

“Dulu pustaka unsyiah menggunakan katalog kartu, kemudian berubah menjadi katalog komputer yang tidak online, terus berubah sehingga bisa diakses online lewat web. Nah, sekarang online itu bukan hanya dengan komputer, tetapi dari gadget atau smartphone juga. Meskipun aplikasi uilis masih ada beberapa kekurangannya, perpustakaan unsyiah akan memperbaharuinya sedikit demi sedikit” ujarnya.

Ia juga menambahkan, aplikasi uilis ini sangat berguna dan mempermudahkan mahasiswa. Dimana dengan smartphone yang selalu dibawa oleh mahasiswa mereka bisa mencari dengan mudah buku yang dicarinya.

Aplikasi Uilis mobile ini dapat di unduh di play store dengan mengetik kata “uilis”. Tampilan aplikasi ini sangat menarik. Tampilan utamanya dihiasi dengan gambar perpustakaan unsyiah. Didalamnya ada pilihan member, search, history dan loan. Dipilihan member, mahasiswa bisa melihat Identitasnya. Pilihan search digunakan untuk mencari buku yang diperlukan. Di bagian history, menampilkan seluruh buku yang pernah di pinjam dari tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang. Dan terakhir di pilihan loan menampilkan jumlah buku yang sedang dipinjam dan tertera tanggal jatuh tempo untuk pengembalian.[Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.