Perpustakaan Unsyiah Luncurkan Complaint Management System

Hari ini, 22 September 2016, Perpustakaan Unsyiah meluncurkan Layanan Complaint Management System, yaitu sebuah portal aplikasi yang menerima dan menangani keluhan pengguna secara online. Kepala Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani mengatakan sebagai sebuah unit pelayanan, Perpustakaan Unsyiah tidak bisa terlepas dari berbagai macam komplain, keluhan dan kritik, bahkan akan terus tumbuh seiring dengan pengembangan pelayanan dan juga naiknya harapan dan keinginan dari pengguna.

“Memang di satu sisi kita berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, namun ada hal-hal lain yang belum dapat kami sesuaikan dengan ekspektasi pelanggan yang juga bertambah naik mengiringi pembenahan yang dilakukan” demikian Taufiq mengatakan kepada Librisyiana. Complaint Management System yang dimaksud dapat diakses online di alamat http://uilis.unsyiah.ac.id/complaint. Untuk menyampaikan komplainnya, pengguna harus melakukan registerasi terlebih dahulu di menu yang tersedia, setelah itu login dan mengisikan komplain. Komplain yang masuk akan diteruskan  ke staf terkait oleh administrator. Respond berupa correction atau corrective action akan disampaikan kembali kepada pengguna.

Sistem tersebut dibangun dari Software Open Source yang telah disesuaikan dengan panduan ISO 10002 Customer Satisfaction and Complaint Handling. Perpustakaan Unsyiah mulai mengimplementasikan panduan ISO 10002 tersebut pada bulan September 2016 ini. Panduan ini dilaksanakan sebagai komitmen penerapan Manajemen Mutu, dimana Perpustakaan Unsyiah sudah tersertifikasi ISO 9001 sejak tahun 2015 .

Taufiq Abdul Gani menambahkan dengan kehadiran ini diharapkan semua komplain yang diberikan dapat ditangani dengan baik dan diupayakan penyelesaiannya untuk kepuasan pengguna, sejalan dengan moto turning complaining customer to loyalty customer.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.