PERPUSTAKAAN UNSYIAH MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK SERTIFIKASI ISO 9001:2008

CheeringPerpustakaan Unsyiah menggelar sebuah workshop persiapan untuk melakukan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 16 sd 24 Maret 2015 ini, dibuka dan ditutup oleh Ka. UPT. Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani, M.Eng.Sc. Acara penutupan dihadiri juga oleh Ketua Badan Penjaminan Mutu (BJM) Unsyiah, Dr. Marwan yang sekaligus menerima hasil workshop tersebut berupa Dokumen Pedoman Mutu, Standar Operasional Prosedur, Instruksi Kerja dan Formulir. Dokumen tersebut dikerjakan oleh Tim Persiapan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Perpustakaan Unsyiah yang dibantu oleh konsultan Ir. Ismail Ramli dari Dinamika Consulting. Workshop ini merupakan upaya Perpustakaan Unsyiah untuk dapat lulus sertifikasi yang direncanakan akan diusulkan pada pertengahan tahun ini

Tujuan pembuatan dokumen tersebut adalah sesuai dengan tujuan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 itu sendiri yaitu untuk menciptakan standar operasional dan pelayanan di UPT. Perpustakaan. Standar operasional ini akan terus berkembang, berubah secara kontinyu sesuai dengan kebutuhan organisasi dan pengguna jasa, namun tetap terpadu dan terukur.

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dipilih karena sistem ini sudah terbukti bagus dan sudah diimplementasikan oleh banyak lembaga dan institusi, baik nasional maupun internasional. Hal ini sesuai dengan Visi Perpustakaan Unsyiah yaitu “Menjadi Pusat Rujukan dan Informasi Ilmiah Terkemuka dan Berdaya Saing di Asia Tenggaran Tahun 2018”. Dengan sertifikasi ISO 9001:2008 ini nantinya diharapkan Visi ini lebih cepat tercapai.

Persiapan Perpustakaan Unsyiah untuk Sertifikasi ISO ini muncul sebagai upaya berkelanjutan setelah meraih Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI di awal tahun 2013. Kegiatan pertama adalah berupa membangkitkan kepedulian (awareness) terhadap Sertifikasi ISO diakhir tahun 2013. Tahap berikutnya pembuatan dokumen visi, misi dan rencana strategis sebagai landasan awal. Setelah itu barulah penataan kembali struktur organisasi dan operasional dan pelayanan dan bentuk SOP dan Instruksi Kerja, mengingat banyak sekali tambahan kegiatan baru di Perpustakaan.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dan melatih Tim Audit Internal, melaksanakan Tinjauan Manajemen untuk memastikan semua operasional dan pelayanan siap untuk disertifikasi, Insyal Allah

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.