Perpustakaan Unsyiah uji coba aturan boleh bawa masuk tas

wATCHdOGDalam evaluasi yang dilakukan oleh Tim Watch-Dog Pelayanan Prima, ibu Putri Wahyuni dan Pustakawan Perpustakaan Unsyiah didapati bahwa counter penitipan tas adalah salah satu titik yang memiliki resiko tinggi penurunan kwalitas pelayanan. Kepala UPT. Perpustakaan Dr. Taufiq Abdul Gani mengakui akan kelemahan ini. Saat ini locker sudah tidak mencukupi lagi karena peningkatan pengunjung. Antrian untuk mendapatkan dan mengembalikan kunci locker cukup panjang sehingga cukup menyita waktu. Dalam jangka pendek, solusi masalah ini berupa penambahan locker baru agak susah dilakukan karena ruang locker juga sudah maksimal, tidak mungkin menampung locker tambahan, disamping anggaran yang tersedia.

Perpustakaan Unsyiah memutuskan untuk melakukan uji-coba aturan membolehkan membawa masuk tas ke dalam Perpustakaan. Ujicoba akan dilaksanakan seminggu 2 kali selama 2 bulan, mulai Senin 19 Oktober 2015. Perpustakaan sudah menyiapkan tata-cara atau aturan yang harus dipatuhi oleh petugas atau pengunjung, sbb:

Setting Ruangan pada saat uji-coba:

  1. Pelayanan Locker ditiadakan
  2. Counter check-in tetap seperti biasa
  3. Pada pintu arah masuk ditempatkan meja dan petugas
  4. Pada pintu (security gate) arah keluar ditempatkan meja dan petugas

 

Tata-cara pengunjung masuk dan petugas melayani adalah sbb:

  1. Pengunjung wajib check-in jika melintasi counter check-in
  2. Pengunjung wajib antri untuk pemeriksaan barang bawaan masuk.
  3. Pengunjung wajib memperlihatkan semua buku cetak yang dibawa masuk kepada petugas
  4. Pengunjung wajib memberitahukan yang mana buku pribadi atau berasal dari perpustakaan lain, dan yang mana punya perpustakaan unsyiah bersatatus dalam peminjaman
  5. Petugas wajib meneliti kebenaran koleksi yang diperlihatkan pada point diatas
  6. Khusus koleksi Perpustakaan Unsyiah harus dikembalikan terlebih dahulu di counter sirkulasi, setelah itu baru boleh dibawa ke ruang baca. Dilarang membawa koleksi Perpustakaan Unsyiah berstatus dalam peminjaman ke Rak.
  7. Petugas wajib meneliti bahan makanan yang dibawa masuk, hanya bahan makanan yang boleh dikonsumsi di Perpustakaan saja yang boleh bawa masuk. Yang tidak boleh adalah makanan beraroma, berminyak, berkuah seperti durian, makanan ber-saus yang beraroma (mie aceh, mie instan), kopi dll.

Tata-cara pengunjung keluar dan petugas melayani adalah sbb:

  1. Pengunjung wajib antri untuk pemeriksaan barang bawaan keluar
  2. Pengunjung wajib memperlihatkan semua buku cetak yang dibawa keluar kepada Petugas
  3. Pengunjung wajib memberitahukan yang mana buku pribadi atau berasal dari perpustakaan lain, dan yang mana punya Perpustakaan Unsyiah bersatatus sudah dipinjam dan slip Peminjaman
  4. Petugas wajib meneliti kebenaran koleksi yang diperlihatkan pada point diatas.
  5. Petugas melakukan pengecekan terhadap label buku, stempel, security tag dalam keadaan baik tidak terhapus, sobek atau cacat. Jika keadaan tidak baik tidak boleh dikembalikan, peminjaman dibatalkan.
  6. Petugas melakukan pencocokan no inventaris buku dan judul tertulis di koleksi dengan slip peminjaman. Hanya yang cocok dan sama yang boleh keluar pustaka, jika tidak peminjaman dibatalkan.

Aturan umum dan etika Petugas:

  1. Petugas harus tetap bersikap ramah
  2. Petugas harus menjaga Privacy pengunjung dengan:
    • Tidak menanyakan atau mencatat nama, no-hp pengunjung
    • Tidak memasukkan tangan ke dalam tas pengunjung,
    • Tidak menyentuh barang bawaan pengunjung kecuali koleksi untuk pemeriksaan no inventaris, label, dan security tag
    • Tidak mengajukan pertanyaan tentang barang selain koleksi (buku)
    • Hanya berfokus utama pada koleksi yang dibawa masuk dan keluar.

Selama uji-coba Staf Penjaminan Mutu beserta Tim Watch Dog Pelayanan Prima akan melakukan Pemantauan dan Survey Kepuasan Pengguna

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.