Pustaka Unsyiah Gelar Workshop ISO 10002 dan ISO 9004

FB_IMG_1474378406182

Librisyiana, Darussalam- Setelah tersertifikasi internasional atau ISO 9001:2008, UPT.Perpustakaan Unsyiah tidak langsung berpuas diri. Berbagai pembenahan terus dilakukan, salah satunya dengan terus meningkatkan mutu pelayanan.

Melihat begitu pentingnya kepuasan pelanggan (pemustaka) dan keberlanjutan manajemen mutu demi meningkatkan kualitas, perpustakaan Universitas Syiah Kuala menggelar workshop ISO 10002 tentang customer satisfaction dan ISO 9004 tentang sustaining quality management, pada Senin 19 hingga Kamis 24 september mendatang.

“Perpustakaan Unsyiah memang sudah tersertifikasi ISO 9001:2008, tetapi itu hanyalah sebuah framework besar. Sedangkan didalamnya itu banyak sekali hal-hal teknis yang harus dikuasai oleh para pustakawan, salah satunya bagaimana cara memberikan kepuasan bagi pelanggan perpustakaan”, kata Taufiq A.Ghani, kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah.

“Dalam workshop ini para peserta akan diberikan materi tentang kemampuan personal yang mencakup motivasi, cara berpakaian, cara senyum kepada customer, dan kepribadian lainnya. Selain itu mereka juga akan dibekali manajemen sistem yang mencakup mekanismenya, bagaimana cara pelaporan, penangganan komplain, bagaimana meng-follow-up, dan yang paling penting bagaimana cara membuat ISO 9001:2008 yang sudah tersertifikasi itu sustain (berketerusan)”, ungkapnya.

Workshop ini diikuti oleh 25 orang pustakawan Unsyiah, dan yang menjadi pemateri adalah Sutaji dari TUV Rheinland. TUV Rheinland merupakan perusahan Jerman yang beroperasi di Indonesia, dan bergerak dalam bidang manajemen mutu dan sertifikasi. Diharapkan, worshop ini dapat menjadikan perpustakaan Unsyiah mampu untuk terus menjaga ritme dan menjadi model dalam implementasi manajemen mutu sehingga berterusan. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.