Pustaka Unsyiah Sediakan Data untuk Keperluan Akreditasi Prodi

IMG-20160830-WA0006

Librisyiana, Darussalam- UPT. Perpustakaan Unsyiah menyediakan data untuk keperluan akreditasi BAN-PT khususnya standar 6, berupa Koleksi Buku Teks yang relevan dengan Prodi. Penyediaan data akreditasi ini berfungsi sebagai data pendukung akreditasi prodi.

“Dari sekian banyak koleksi buku yang ada di Perpustakaan unsyiah, ada sebagian yang berhubungan dengan mata kuliah dalam suatu prodi, jadi di database pustaka sudah dipilah-pilah, jadi manfaatnya seperti itu, sebagai data pendukung akreditasi prodi”. Ungkap Baihaqi, salah seorang pustakawan unsyiah pada Jumat, 26/08/2016.

Data yang tersedia dapat di download dalam bentuk mentah, file csv yang dapat dibuka dengan excel, supaya setiap prodi dapat mengolah data tersebut sesuai keperluan dan narasi masing-masing dalam Borang Akreditasi. Namun Buku teks yang disajikan tidak berdasarkan prodi, melainkan berdasarkan kode standar DDC. Kode ini dapat dimappingkan dengan bidang ilmu yang bersesuaian dengan Program Studi.

Tata cara pengolahan data adalah sebagai berikut:

Buka http://uilis.unsyiah.ac.id.unsyiah.ac.id/akreditasi-prodi dan klik Eksport Excel

IMG-20160830-WA0006

File Excel yang tersedia adalah sebagai berikut:

IMG-20160830-WA0004

Untuk mengetahui kode DDC yang terdapat pada gambar dapat membuka https://www.oclc.org/dewey/features/summaries.en.html

IMG-20160830-WA0005

Untuk memperoleh data secara pasti mengenai Buku Teks yang relevan dengan prodi, dapat meminta pada perpustakaan dengan memberikan surat administrasi dari prodi. Perpustakaan akan memberikan informasi jumlah buku, jenis buku beserta kode DDC yang sudah dipilah-pilah yang berhubungan dengan prodi tertentu. (KB)

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.