Rektor Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta : Perpustakaan Unsyiah Itu Luar Biasa

Librisyiana, Darussalam- Rektor universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta beserta rombongannya datang berkunjung ke perpustakaan universitas syiah kuala pada Senin (25/07/2016).

Kunjungan mereka kali ini yaitu dalam rangka mengupgrade AIPT (akreditasi institusi perguruan tinggi). “Kami termasuk kedalam 200 perguruan tinggi yang di dorong oleh kemenristek dikti untuk menjadi perguruan tinggi yang berakreditasi A. Dan untuk mencapai hal tersebut, kami harus belajar juga dari perguruan-perguruan tinggi yang sudah terlebih dahulu terakreditasi A, termasuk unsyiah ini” kata Kasiarno, rektor universitas ahmad dahlan yogyakarta.

Ia juga mengatakan bahwa akreditasi unsyiah yang dulunya C menjadi A patut di ancungi jempol. Salah satu hal yang memicu hal ini adalah perpustakaan. Ternyata terbukti, Unsyiah bisa menjadi A karena adanya peran perpustakaan yang terkelola dengan baik dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Perpustakaan unsyiah ini sangat luar biasa dan beda, antara lain dalam pengelolaannya sudah mengambil model yang sudah saya lihat di perguruan tinggi yang ada di luar negeri, yaitu salah satunya peminjaman dan pengembalian menggunakan mesin dalam hal ini tidak dilayani oleh tenaga manusia (SDM), kemudian penataan ruang, buku-buku, dan lain sebagainya sudah sangat mendekati dengan perpustakan yang ada diluar negeri”,ujarnya.

“Konsep-konsep yang dibangun di unsyiah ada hal yang harus kami tiru, yaitu bagaimana membuat perpustakaan menjadi ramai di kunjungi. Kehadiran mahasiswa dan dosen sangat diperlukan, karena ini salah satu ciri perpustakaan yang bagus, kalau tidak ada yang mengunjungi sama saja tidak ada artinya”, lanjutnya.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa unsyiah untuk terus memanfaatkan perpustakaan unsyiah. Karena perpustakaan bagaikan jantung bagi sebuah perguruan tinggi. Perpustakaan merupakan pusat informasi, perlu dimanfaatkan dalam rangka untuk meningkakan pengetahuan dan ilmu. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.