RELAX AND EASY HADIRKAN MAHASISWA YANG MENJADIKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI MAKERSPACE

IMG-20171121-WA0000

Librisyiana, Darussalam- Perpustakaan Unsyiah tidak hanya menjadi tempat untuk membaca, belajar atau meminjam buku saja, tapi juga dijadikan makerspace oleh mahasiswa. Makerspace merupakan tempat para maker untuk menuangkan ide dan mengembangkan produk yang memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini terlihat dari seringnya para mahasiswa melakukan aktifitas lain diluar konteks belajar, seperti  merajut, membuat maket, membuat video kreatif, atau kreativitas lainnya di perpustakaan.

Kali ini, kegiatan mahasiswa yang menjadikan perpustakaan sebagai makerspace dikemas dalam acara Relax and Easy, yaitu mengadakan kelas kerajinan tangan yang dipandu oleh Sarah Azeda, salah satu Mahasiswa Unsyiah yang menjadikan Perpustakaan Unsyiah sebagai makerspace. Menurutnya, perpustakaan salah satu  tempat yang sangat cocok untuk melakukan live order untuk barang-barang kerajinan tangan yang dibuatnya.

“Perpustakaan Unsyiah punya suasana yang santai dan bersih, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk menuangkan banyak inspirasi”, ungkapnya. Ia mengaku sangat senang ketika diundang  untuk mengisi acara Relax and Easy.

Pada kesempatan itu, Sarah mengajarkan penonton cara membuat aksesoris holographic (aksesoris yang memantulkan cahaya yang dapat dijadikan pin, gantungan, atau liontin kalung) melalui CD bekas. Sarah memberikan bahan secara gratis kepada penonton dan penonton hanya perlu membawa gunting serta spidol sebagai alat membuat holographic. Sarah mengatakan, selain malas salah satu faktor seseorang tidak mau membuat sebuah karya seni  adalah takut karyanya jelek, padahal hal tersebut sangatalah salah.“Jangan pernah takut karyamu jelek, karna bagaimanapun seni tetaplah indah, jelek dikarya pertama dan kedua itu adalah hal yang wajar”, ucap Sarah disela-sela pembuatan holographic.

Tidak hanya kelas kerajinan tangan, Relax and Easy juga diisi dengan vocal solo dari Arnold Simyapen, salah satu Mahasiswa Unsyiah yang berasal dari Papua, dan penampilan beatbox group oleh Mahasiswa UIN Ar-raniry, yang menambah keseruan acara Relax and Easy. Acara ditutup dengan sesi foto bersama para penonton dengan pengisi acara Relax and Easy. [DMM]

 

 

 

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.