Representasikan Karakter Unsyiah, Perpustakaan Kerja Sama Dengan Mahasiswa MIPA Matematika

20

Librisyiana, Darussalam- Untuk mengenal lebih dalam tentang Tugu Unsyiah, kali ini UPT. Perpustakaan Unsyiah kedatangan mahasiswa FMIPA Program Studi Matematika untuk melakukan penelitian tentang bagaimana terbentuknya Tugu Darussalam melalui Ilmu Matematika. Penelitian ini dibimbing sendiri oleh dosen FMIPA Unsyiah yaitu DR. Salmawaty, M.Sc.

“Sebenarnya ini adalah bagian dari tugas yang saya berikan kepada mahasiswa untuk membuat animasi dan komputasi dari Tugu Darussalam dengan menggunakan metode dari Ilmu Matematika. Dan kedatangan kami ke sini karna sebelumnya pak Taufiq (Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah) meminta ide dan kontribusi dari warga Unsyiah tentang ciri khas yang dapat ditonjolkan pada Perpustakaan Unsyiah. Karna sebelumnya ada saran dari seseorang yang mengatakan bahwa Perpustakaan Unsyiah kurang menunjukkan karakter dan masih ada bagian-bagian kosong yang belum terisi, dan itu bisa dimanfaatkan. Lalu saya meresponnya dan mengatakan bahwa ada penelitian mahasiswa tentang Tugu Unsyiah berupa gambar dua dimensi yang bisa dimunculkan sebagai ciri khas dari Perpustakaan ini,” jelas Salmawaty.

Pihak Perpustakaan Unsyiah sangat gembira atas kerja sama dan kontribusi ini, seperti yang diutarakan oleh
Taufiq Abdul Gani, kepala Perpustakaan Unsyiah.

“Kami gembira atas kerja sama ini, kami sudah meminta supaya animasi ini bisa dimasukkan ke dalam monitor informasi Perpustakaan Unsyiah yang ada di loby depan atau dekat tangga naik lantai 1. Hal ini dimaksudkan untuk merepresentasikan karakter Unsyiah”, ujarnya.

Salah satu mahasiswa yang terlibat ialah Suhartini mahasiswa FMIPA Prodi Matematika angkatan 2014. “Dalam menyelesaikan tugas ini kami dibagi beberapa tim. Salah satunya ialah tim pengukuran yang bekerja langsung dilapangan untuk mengukur panjang, lebar serta luas nyata dari Tugu. Kemudian data ini digunakan pada program komputasi gambar dua dimensi dan tiga dimensi. Juga dibantu dengan aplikasi Matlab, CorelDraw, Sketchup dan Lumion. Setelah memasukkan rumus-rumus dan data yang didapat, maka terbentuklah gambar Tugu Darussalam ini,” pungkas Suartini. Ini merupakan pekerjaan besar yang pernah dilakukan dan diharapkan hal ini dapat menambah ilmu dan menambah kecintaan mahasiswa terhadap Unsyiah. [NITA]

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.