Ruang Sirkulasi, Pusat Pelayanan UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala

13

Librisyiana, Darussalam – Sebanyak 391 pengunjung meminjam buku di UPT. Perpustakaan Unsyiah pada Selasa (26/09/17). Pengunjung perpustakaan meminjam dan mengembalikan buku melalui ruang sirkulasi. Ruang sirkulasi yang bertempat di sebelah check-in counter pada perpustakaan Unsyiah ini merupakan pusat pelayanan bagi para pengunjung yang ingin meminjam, mengembalikan buku serta pembuatan kartu  bebas pustaka.

Asmaul Husna, selaku pegawai UPT.Perpustakaan Unsyiah bagian sirkulasi mengatakan bahwa ruang sirkulasi merupakan pusat informasi bagi para mahasiswa yang ingin menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan persediaan buku di perpustakaan. Tak hanya itu, di bagian ini juga menyediakan pelayanan Lost and Found, yaitu pusat pelayanan informasi bagi pengunjung yang kehilangan atau menemukan barang di dalam perpustakaan Unsyiah.

“Ruang sirkulasi ini merupakan pusat pelayanan untuk pengunjung yang ingin meminjam dan mengembalikan buku. Pada bulan September, total buku yang dipinjam sebanyak 10.415 eksemplar. Biasanya, pada hari Senin total pengunjung yang meminjam buku lebih banyak dibandingkan hari-hari lainnya. Sementara pada hari libur, total buku yang dipinjam relatif lebih sedikit dibandingkan hari lainnya.” ujarnya.

Ia menambahkan, kini perpustakaan Unsyiah sudah menerapkan layanan administrasi dari manual ke digital. Begitu pula dengan sistem pembayaran denda bagi pengunjung yang tidak mengembalikan buku pada waktunya. Sistem pembayaran denda secara elektronik ini bertujuan untuk memudahkan proses pembayaran dan penyimpanan biaya hasil pembayaran denda tersebut. Tentunya ini sangat memudahkan bagi para pegawai maupun bagi para pengunjung.

“Selain pembayaran denda secara elektronik, pengunjung yang bukan mahasiswa Universitas Syiah Kuala dikenakan biaya administrasi sebesar Rp.5000 dan biaya ini harus dilunasi baik menggunakan ATM maupun kartu Brizzi. Bagi pengunjung yang merupakan pelajar dapat masuk ke dalam perpustakaan tanpa membayar biaya administrasi dengan syarat adanya surat rujukan dari sekolah tersebut.” tambahnya.

Meski bekerja di bagian sirkulasi adalah hal yang menyenangkan, namun ada pula keresahan yang dialami Asmaul Husna yaitu kurangnya pemahaman pengunjung terhadap pelayanan perpustakaan Unsyiah. Terkadang pengunjung tidak memahami alur peminjaman dan pengembalian buku serta sering terjadinya kesalahpahaman antara pengunjung dan pegawai bagian sirkulasi perpustakaan Unsyiah. [MS]

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.