Segera Hadir, Festival Dongeng Aneuk Aceh dan Kelas Mendongeng Seru Di Perpustakaan Unsyiah

IMG-20171108-WA0012

Librisyiana, Darussalam- UPT.Perpustakaan Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan Kota Tanyoe ICAIOS, Ayo Dongeng Indonesia!, dan Bintang NUTRICIA akan menyelenggarakan acara Festival Dongeng Aneuk Aceh dan Kelas Mendongeng Seru. Kedua acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017 di Libricafe Perpustakaan Unsyiah dengan rincian jadwal, Festival Dongeng Aneuk Aceh pada pukul 08.30-12.30 WIB, yang menjadi pesertanya adalah anak-anak dan orang tua mereka. Sedangkan Kelas Mendongeng Seru akan dilaksanakan pada pukul 14.00-16.00 WIB, dengan peserta para pemuda-pemudi Aceh yang berusia minimal 17 tahun.

“Acara ini bersifat nasional, karena tiga tim pendongeng berasal dari Jakarta. Dua dari Ayo Dongeng Indonesia, dan satunya lagi dari Bintang NUTRICIA. Namun karena diselenggarakan di Aceh, jadi kami memberikan juga kesempatan kepada pendongeng lokal untuk bergabung dalam acara ini. Awalnya acara ini akan kami selenggarakan di Rumoh Budaya, karena acara ini direncanakan akan diliput oleh media nasional, jadi kami ingin menunjukkan site budaya Aceh kepada nasional. Akan tetapi, karena sedang direnovasi jadi kami harus mengganti tempat. Saya langsung teringat, pasti UPT.Perpustakaan Unsyiah akan menyambut dengan baik acara-acara seperti ini. Saat saya menelpon pak Taufiq kepala Perpustakaan Unsyiah, Alhamdulillah beliau sangat fleksibel dan sangat helpful. Beliau juga bertanya apakah acara ini boleh melibatkan anak-anak UKM Literasi Informasi?. Saya dengan senang hati menjawab boleh, karena prinsip saya semakin banyak yang terlibat maka akan semakin keren,” kata Dian Rubianti yang merupakan salah satu volunteer ICAIOS yang mengurus acara ini.

IMG-20171110-WA0000

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mengasah dan menumbuhkembangkan kecerdasan literasi anak. Karena seperti yang kita ketahui, dongeng adalah salah satu media atau cara yang bisa memperkaya literasi anak. Bagi orang tua, dongeng juga bisa menjadi alat untuk mendekatkan diri dengan anak. Sejak kecil, orang tua harus membangun cara berkomunikasi yang baik dengan anak mereka, salah satu cara yang mudah adalah mendongeng. Dongeng juga bisa menjadi media pendidiakan, karena diakhir setiap dongeng akan disisipkan pesan moral yang akan berguna bagi pendidikan karakter anak.

“Anak-anak yang didongengkan akan memiliki kecerdasan verbal dan kecerdasan literasi yang sangat dibutuhkan dalam dunia belajar. Bagi orangtua, mendongeng itu akan menjadi penunjang kedekatan dengan sang anak. Jadi dengan terselenggaranya acara ini, saya berharap akan semakin banyak orangtua yang akan mendongeng untuk anaknya, karena itu adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kecerdasan sang anak. Selain itu, orang tua sekarang kan banyak yang sibuk, nah waktu dongeng dimalam hari itu bisa dimanfaatkan untuk mendekatkan diri dengan anak-anak mereka,” tutupnya. [Suci, Moli]

 

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.