Tahun Ini Perpustakaan Unsyiah Lakukan Weeding di Bagian On Reserved dan Serial

IMG_20170922_151015

Librisyiana, Darussalam- Saat ini dunia sedang didominasi oleh digitalisasi informasi, baik itu berita, jurnal, bahkan sebuah buku paket pelajaran pun sudah ada dalam bentuk digital. Hal ini membuat semua orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah dibawa kemana-mana. Tak terkecuali, UPT.Perpustakaan Unsyiah yang juga turut aktif mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi, bagi perpustakaan Unsyiah koleksi buku secara fisik tetap memegang peranan utama. Oleh karenanya, weeding yang merupakan kegiatan peremajaan kembali koleksi yang ditampilkan di rak supaya tetap terkini dan relevan dengan kebutuhan mahasiswa, sedang dilakukan di pustaka Unsyiah.

“Ya, mulai dari tanggal 19 September 2017 sampai dengan hari ini Rabu (20/9/17), kita sedang melakukan weeding. Setiap tahunnya, perpustakaan Unsyiah melakukan weeding namun secara parsial. Kali ini kita melakukan weeding hanya pada bagian on reserved dan bagian serial. Kami menyortir koleksi buku yang terbitannya tahun 2000 kebawah karena saat ini sedang banyak masuk koleksi terbaru, kemudian buku yang telah disortir akan kami letakkan di rak bagian umum”, ujar Aisyah, pustakawan Unsyiah bagian pelayanan referensi.

Ia juga mengungkapkan bahwa, weeding ini tidak bisa dilakukan secara menyeluruh atau sekaligus, karena hal ini akan mengganggu aktivitas mahasiswa membaca dan meminjam buku. Dimana apabila ada bagian rak buku yang sedang dilakukan weeding, mahasiswa tidak boleh membaca dan meminjam buku sampai kegiatan weeding selesai. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa perpustakaan melakukan weeding secara parsial.

“Kami pihak perpustakaan berharap, dengan adanya weeding ini dapat membantu mahasiswa dalam melihat koleksi buku perpustakaan karena sudah lebih trendy dan rapi. Kami juga berharap semoga mahasiswa dapat lebih puas dengan pelayanan yang ada di perpustakaan Unsyiah”, tutupnya. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.