Tim Benchmarking AIPT Kemenristekdikti Kunjungi Perpustakaan Unsyiah

12348748_10208684899018946_279864670_n   12325041_10208684897778915_38026880_n

Librisyiana, Darussalam – Tim Benchmarking AIPT Kemenristekdikti hari ini (3/12) mengunjungi UPT. Perpustakaan Unsyiah. Kunjungan Tim ini di dampingi langsung oleh Pembantu Rektor I Unsyiah, Dr. Hizir Sofyan, M.Sc dan disambut baik oleh Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani selama proses kunjungan.

Tim Benchmarking AIPT Kemenristekdikti yang hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya dari Universitas Indonesia yaitu Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc. MM., Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA, dan Wakil Rektor ITB Bidang Perencanaan dan Keuangan Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS.

Dalam kunjungan ini, anggota tim banyak melihat pelayanan mandiri berbasis RFID (Radio Frequensi Identification), yang merupakan teknologi identifikasi yang relatif baru dan layak diterapkan di Perpustakaan. Pelayanan Peminjaman dan Pengembalian Mandiri adalah sebuah layanan yang tercipta dari adanya pengunaann RFID dengan memberikan pelayanan pengembalian dan peminjaman secara mandiri yang dilahkukan oleh pemustaka sendiri secara individu.

Sebagai guru besar bidang Computer Engineering, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc. MM atau yang lebih dikenal dengan Prof. Riri merasa senang melihat penerapan pelayanan mandiri dengan RFID di Perpustakaan Unsyiah. Beliau juga sangat terkesan melihat minat mahasiswa Unsyiah yang berkunjung ke Perpustakaan sangat banyak dan penyediaan fasilitas Perpustakaan pun sangat bagus dan nyaman. Selain itu, beliau juga menyempatkan diri untuk shalat zuhur   bersama para mahasiswi di Surau Perpustakaan yang menurut pengakuannya sangat nyaman.

Dalam kunjungan ini, Pembantu Rektor I Unsyiah, Dr. Hizir Sofyan, M.Sc  menyampaikan kepada Tim  bahwa perolehan Akreditasi A dan Sertifikasi ISO 9001:2008 oleh UPT. Perpustakaan Unsyiah sangat berperan sekali  dalam proses peraihan  Akreditasi A  Unsyiah di bulan Juli lalu. Selain itu Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani juga memaparkan kepada anggota tim bagaimana cara pihak perpustakaan dapat memantau penggunaan lokal konten secara online dengan menggunakan Google Analytic.  Dari paparan tersebut lebih dari 70 ribu page view yang diakses pada bulan November ini. Hal ini lebih besar dari sasaran mutu pihak perpustakaan sendiri, yakni sebanyak 50 ribu page view yang diakses setiap bulan. [Oz]

 

Editor: Putri Wahyuni.

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.