Tingkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa, Kelas Literasi Kini Hadir Dari Senin Sampai Jumat.

Librisyiana, Darussalam – UPT. Perpustakaan Unsyiah  tak henti-hentinya  berperan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan Kelas Literasi untuk mahasiswa yang rutin dilaksanakan setiap minggunya mulai hari Senin sampai Jumat. Mengingat akan sangat pentingnya kemampuan literasi mahasiswa untuk masa depan, program ini dapat menjadi alternatif terbaik untuk belajar dan mengulas lebih dalam lagi seputar dunia literasi. Salah satu tujuan utama diadakannya Kelas Literasi ini oleh perpustakaan Unsyiah adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa seputar jurnal yang ada di perpustakaan, baik itu jurnal nasional maupun internasional. Melihat banyak sekali mahasiswa yang tidak mengetahui keberadaan electronic journal di perpustakaan yang dapat diakses tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kelas literasi ini sendiri dikoordinir oleh alumni Unsyiah dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro yang akrab disapa Syukran. Ia adalah koordinator kedua setelah tahun lalu dibawah naungan Nafis selaku koordinator pertama kelas literasi. “Tugas ini terus bergilir tiap tahunnya yang disahkan oleh SK langsung dari Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala”, ujar Syukran.

8

Syukran yang kami wawancarai siang tadi (18/09/2017) menerangkan bahwa sebelumnya mahasiswa tidak diwajibkan mengikuti kelas pengenalan pustaka sehingga mereka tidak mengetahui banyak tentang referensi yang ada di perpustakaan. Namun sejak dua tahun terakhir mahasiswa baru sudah diwajibkan untuk mengikuti kelas pengenalan perpustakaan atau yang lebih dikenal dengan Library Orientation sehingga mereka bisa lebih mengetahui apa saja layanan yang tersedia di perpustakaan dan juga memudahkan dalam proses pendidikan. Pendaftaran Kelas Literasi dibuka dari Senin sampai Jumat dengan kuota maksimal 70 orang yang dibagi dalam 2 kelas.

“Pesertanya bukan dari kalangan S1 saja, akan tetapi S2 dan S3 juga bisa ikut serta, tetapi kelas ini lebih diutamakan untuk mahasiswa semester akhir dengan tujuan membantu mereka dalam menyelesaikan proposal maupun skripsinya”, terang Syukran.

“Dalam waktu tertentu kelas literasi ini bisa saja diadakan pada hari sabtu yang juga dikondisikan dengan pihak pemateri maupun peserta”, pungkasnya. (APSR)

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.