Tingkatkan Pengetahuan Pustakawan, UPT. Perpustakaan Unsyiah Adakan Pelatihan Analisis Subjek

Bapak Suherman, M.Ec Sedang Memberikan Materi Analisis Subjek

    Bapak Suherman, M.Ec Saat Sedang Memberikan Materi Analisis Subjek Kepada Para Pustakawan.

Libriana Post, Darussalam – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dalam melakukan pengolahan dan pengelolaan buku, UPT. Perpustakaan Unsyiah mengadakan pelatihan kepada para pustakawan. Pelatihan yang diadakan pada 5 Oktober 2015 ini diikuti oleh 25 orang pustakawan yang umumnya merupakan staf bagian pengolahan buku.

Pelatihan yang berlangsung selama setengah hari ini menghadirkan Suherman, M.Ec sebagai narasumber. Berprofesi sebagai dosen UIN. Ar-Raniry Banda Aceh dan telah lama bergelut dibidang perpustakaan, beliau memberikan materi mengenai analisis subjek kepada para pustakawan dengan langsung mempraktikan proses dan tahapan analisis subjek tersebut.

Analisis subjek merupakan kegiatan atau proses dalam menentukan subjek dalam sebuah buku yang ada di perpustakaan. Proses analisis subjek terhadap buku tersebut berfungsi agar tidak terjadi kesalahan dalam mengklasifikasi dan mengelompokkan buku ke dalam berbagai kajian ilmu yang sesuai dengan isi buku. Dalam pelatihan ini juga dipaparkan lebih mendalam mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam proses analisis subjek.

Selain buku, terdapat juga berbagai karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan jurnal yang menjadi contoh pembahasan dalam pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini, para pustakawan diharapkan terbantu dan lebih memahami dalam menganalisis subjek mengenai berbagai bahan bacaaan yang terdapat di perpustakaan sebelum melakukan proses klasifikasi

“Pelatihan analisis subjek secara teori dan praktik ini sangat meningkatkan pengetahuan kami sebagai para pustakawan dalam menganalisis dan mentukan isi atau subjek buku sebelum melakukan pengkodean terhadap buku-buku”, tutur Huriah, salah seorang pustakawan yang mengikuti pelatihan. (Oz)

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.