Uilis Mobile, Aplikasi Perpustakaan Unsyiah Kini Bisa Diunduh Pengguna IOS

FB_IMG_1480082912545

Librisyiana, Darussalam- Uilis salah satu aplikasi mobile dari perpustakaan Universitas Syiah Kuala, yang dulunya hanya bisa di unduh oleh pengguna android, kini sudah bisa di unduh oleh pengguna IOS . Proses persetujuan oleh apple store yang kurang lebih selama 10 hari ini, disambut gembira oleh pihak perpustakaan Unsyiah.

“Kami mendaftarkan aplikasi Uilis mobile ke apple store pada tanggal 13 November 2016. Saat mendaftar, apple store mengharuskan kita untuk memiliki akun apple store, aplikasi yang ingin di daftarkan dan membayar biaya pendaftaran sebesar 99 dolar per tahun, setelah itu akhirnya pada hari ini tanggal 24 November 2016, Uilis mobile disetujui oleh apple store dan sudah bisa di unduh, kata Muhammad Jerry Permana, salah satu staff IT perpustakaan Unsyiah yang mengembangkan aplikasi Uilis bersama dengan Muhammad Furqan dari fakultas MIPA jurusan Informatika Unsyiah.

“Uilis mobile versi android yang telah duluan ada, kini sudah ramai di unduh. Kami pun terus melakukan pengembangan terhadap Uilis mobile sehingga menjadi lebih baik. Sekarang, Uilis mobile yang ada di play store dan apple store memiliki fitur yang baru. Dimana, pengguna bisa melakukan perpanjangan buku secara otomatis. Caranya, pengguna harus login sebagai anggota perpustakaan dan memiliki buku yang sedang di pinjam, kemudian masuk ke menu loan yang akan menampilkan buku yg di pinjam, terakhir menekan button untuk pepanjangan buku dan buku pun secara otomatis akan diperpanjang selama dua minggu”, lanjutnya.

Ia juga menambahkan, bahwa fitur baru ini dapat mempermudah mahasiswa untuk memperpanjang buku. Dimana jika mereka hanya ingin memperpanjang buku yang dipinjam, bisa langsung dari rumah, tidak perlu harus ke pustaka. Selain itu, hal tersebut juga bermanfaat bagi pustaka, karena dapat mengurangi jumlah antrian.

Personal Focus
Taufiq Abdul Gani, kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah juga merasa senang dengan di setujuinya Uilis Mobile oleh apple store. Hal ini berarti Uilis mobile bisa di jangkau lebih luas oleh pengguna android maupun IOS. Dimana android dan IOS ini merupakan dua leader dalam mobile operating system.

“Kedepan, pengembang aplikasi dan pihak perpustakaan akan membuat Uilis ini menjadi lebih baik. Rencananya, pada tahun 2017 kami memiliki sasaran Personal Focus bagi pengguna. Maksudnya adalah, nantinya Uilis akan bisa melakukan tracking buku favorit yang sering dipinjam oleh penggunanya dan dimasukkan ke dalam bookmark. Jadi pengguna bisa memantau buku disukainya yang sedang dipinjam oleh orang lain, dan kapan tanggal pengembalian nya. Ketika buku tersebut telah dikembalikan, maka Uilis secara otomatis akan memberikan reminder kepada pengguna. Intinya, kami akan membuat Uilis ini semakin bermanfaat dan semakin dibutuhkan oleh mahasiswa Unsyiah”, ujarnya.

“Uilis mobile ini salah satu penanda bahwa perpustakaan Unsyiah semakin maju dan berkualitas, dimana pustaka Unsyiah bisa menyesuaikan dirinya di era digital. Saya berharap kepada seluruh mahasiswa Unsyiah untuk mau memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pustaka, dan mahasiswa harus memprioritaskan untuk mengunduh aplikasi ini di gadget masing-masing, supaya mereka memiliki koneksi langsung ke perpustakaan”, tutupnya. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.