Universitas Borneo Tarakan Lakukan Benchmarking ke UPT.Perpustakaan Unsyiah

IMG_0151

Librisyiana, Darussalam- Tujuh orang pimpinan dari Universitas Borneo Tarakan (UBT), diantaranya Armansyah sebagai Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Aries Aryadi selaku Kepala UPT Perpustakaan, Dedi Harto sebagai Kepala UPT TIK, Aditia Syaprillah selaku Sekretaris LP3M, Nindya Adiasti selaku Kepala pusat mata kuliah wajib, Wahida selaku Kasubbag Kesejahteraan Kemahasiswaan dan Alumni dan Feby Sandana Simon selaku Programmer UPT TIK, melakukan benchmarking ke UPT.Perpustakaan Unsyiah pada Rabu (24/10/2018).  Kegiatan ini merupakan program kerja dari UBT yang salah satu tujuannya adalah untuk melihat langsung bagaimana tata kelola UPT.Perpustakaan Unsyiah.

“Kunjungan kami ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya UPT Perpustakaan, UPT TIK, LP3M serta kemahasiswaan. Saat ini kami mengunjungi UPT.Perpustakaan Unsyiah terlebih dahulu. Kami ingin melihat bagaimana tata kelola UPT.Perpustakaan Unsyiah. Di mana kami mendengar bahwa Unsyiah mempunyai banyak prestasi terutama di bidang perpustakaannya”, kata Armansyah selaku Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasamasa Universitas Borneo Tarakan.

Acara di awali dengan Library Tour, dilanjutkan dengan pemaparan tentang UKM Literasi Informasi yang disampaikan oleh Ananda Justiani dan Reza selaku Duta Baca Unsyiah. Para tamu dari UBT sangat tertarik mendengar penjelasan mengenai UKM Literasi Informasi yang ada di UPT.Perpustakaan Unsyiah. Aries Aryadi selaku Kepala UPT Perpustakaan UBT menanyakan bagaimana awal mulanya UKM Literasi Informasi di UPT.Perpustakaan Unsyiah bisa terbentuk.

Charlis Siana Rosita salah satu Pustakawan Unsyiah bidang Pelayanan Teknis, menjawab bahwa sebenarnya jauh sebelum adanya UKM Literasi Informasi, di UPT.Perpustakaan Unsyiah sudah ada kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa diantaranya Shelving crew, Volunteer weekend, Relax and Easy, Librisyiana dan Unsyiah Library Fiesta. Namun semua kegiatan ini belum ada sebuah wadah yang menampung, oleh karena itu berdasarkan ide dari Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, maka lahirlah UKM Literasi Informasi sebagai wadah yang menaungi semua kegiatan tersebut.

“Kami benar-benar tertarik dan ingin belajar lebih dalam tentang UKM Literasi Informasi yang ada di Perpustakaan Unsyiah. Karena sebagaimana yang diketahui bahwa diseluruh Indonesia hanya Perpustakaan Unsyiah satu-satunya yang memiliki UKM di Perpustakaan. UKM Literasi Informasi ini salah satu hal yang sangat positif, dimana UKM Literasi Informasi bisa mendukung pemberdayaan budaya literasi dikalangan mahasiswa. Selepas dari sini kami akan belajar untuk membuat hal serupa”, kata Aries Aryadi selaku Kepala UPT.Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan.

Ia juga mengungkapkan bahwa Perpustakaan Unsyiah sangat luar biasa. Di mana Perpustakaan Unsyiah ini mampu mendukung peningkatan daya saing Universitas Syiah Kuala. Ia berharap semoga Perpustakaan Unsyiah bisa menjadi UPT.Perpustakaan percontohan bagi seluruh Perpustakaan Universitas yang ada di Indonesia. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.