Universitas Borneo Tarakan, Undang Kepala Perpustakaan Unsyiah dalam Workshop Peningkatan Literasi Perpustakaan

366c565b-7e82-4053-acda-419e3fe58433

Librisyiana, Darussalam- Kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani dan staf pengembangan sistem dan jaringan UPT.Perpustakaan Unsyiah, Muhammad Jerry Permana, diundang sebagai pemateri dalam Workshop Peningkatan Literasi Perpustakaan di Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara.

Workshop yang diselenggarakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 14 sampai dengan tanggal 16 November 2018 ini membahas 3 topik. Pertama, tentang bagaimana membangun budaya literasi melalui wadah kreatifitas mahasiswa (UKM Literasi Suatu Referensi). Kedua, tentang sumber pengetahuan terbuka (Open Knowledge Resources) untuk mobilasi pengetahuan. Terakhir, tentang awareness ISO 27000:2013 (Information Security Management System).

Dalam pembahasan pertama tentang membangun budaya literasi melalui wadah kreatifitas mahasiswa (UKM Literasi Suatu Referensi), Universitas Borneo Tarakan mengundang para mahasiswanya untuk mendengarkan pemaparan langsung dari Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah, tentang bagaimana mahasiswa Unsyiah beraktifitas dalam UKM Literasi Informasi yang pertama di Indonesia.

“Menurut saya, workshop hari ini sangat bagus dan menarik. Dari penjelasan Dr.Taufiq, saya merasa termotivasi untuk bisa membangun UKM Literasi Informasi di Universitas kami. InsyaAllah, saya siap untuk membantu,” kata Karmila, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Borneo Tarakan.

Sejalan dengan Karmila, Isma Apriandani, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Borneo Tarakan, juga merasa bahwa workshop ini sangat bermanfaat. Ia mengungkapkan bahwa workshop kali ini memberikannya ilmu baru tentang bagaimana untuk memanfaatkan literasi di era digital. Ia juga mengaku sangat kagum terhadap mahasiswa Unsyiah yang aktif dalam kegiatan Perpustakaan.

“Saya berharap, semoga hasil dari workshop ini dapat melahirkan UKM Literasi Informasi di Universitas Borneo Tarakan, sebagaimana yang telah ada di Unsyiah”, kata Kepala UPT.Perpustakaan Unsyiah. [Moli]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.