UPT Perpustakaan Unsyiah Ikuti Baksos di Pidie jaya

IMG-20171024-WA0028

Librisyiana, Darussalam- Selasa, (24/10) Perpustakaan Unsyiah ikut turut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Universitas Syiah Kuala. Kegiatan Bakti sosial ini dilakukan selama 2 hari di Pidie Jaya. Perpustakaan Unsyiah membantu perpustakaan – perpustakaan SMP dan SMA yang ada di Pidie Jaya untuk melakukan perbaikan dalam segi kinerja perpustakaan. Bakti sosial ini diikuti juga oleh PPISB (Pusat Penelitian Ilmu Sosial Budaya) Universitas Syiah Kuala.

Agenda hari ini adalah instalasi komputer dan INLISLite untuk pustakawan Perpustakaan Kabupaten, SMP, dan SMA. Besok (25/10) akan dilanjutkan dengan pelatihan INLISLite untuk pustakawan Perpustakaan Kabupaten, SMP, dan SMA.

“Sebelumnya kami pihak perpustakaan dan pihak PPISB yang berada di bawah supervisi Pak Saiful Mahdi menginginkan baksos di lakukan  di Aceh Jaya. Kami melakukan rapat rencana kerja PPISB dalam membantu perpustakaan dalam rangka evaluasi dampak dan kinerja perpustakaan. Kemudian akhirnya baksos ini dilakukan selama dua hari di Pidie Jaya, kami berharap dapat memacu pustakawan Pidie Jaya dalam meningkatkan mutu perpustakaan agar bisa mendapat akreditasi Perpustakaan Nasional dengan peringkat terbaik”, kata kepala perpustakaan Unsyiah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pustakawan di Kabupaten Pidie Jaya sehingga bisa  meningkatkan mutu Perpustakaan Kabupaten, SMP, dan SMA di Pidie Jaya. Selain memberikan pelatihan kepada pustakawan, pihak penyelenggara juga menyerahkan bantuan perangkat otomasi perpustakaan kepada Kabag Kesra Setwilda, Bapak Jailani dan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pidie Jaya, Ibu Cut Nurlaili S.E.

“Kami ikut menyerahkan bantuan perangkat otomasi perpustakaan yang terdiri dari 2 komputer, ups, router, dan barcode scanner dari Komunitas Pustakawan Indonesia”, ungkap Taufiq Abdul Ghani, Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah.

INLISLite sendiri merupakan perangkat lunak (software) otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional RI sak tahun 2011, INLISLite bertujuan membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan  berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia.

“Saya Kabag Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pidie Jaya mengucapkan terima kepada pihak-pihak yang telah memberikan dua perangkat komputer beserta perlengkapan jaringan yang akan kami gunakan untuk pelayanan masyarakat. Insyaa Allah akan kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya”, ucap Cut Nurlaili, S.E. [Dian/Vira/RSK]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.