UPT. Perpustakaan Unsyiah Lakukan Musyawarah Kerja Dengan Kepsek SMA se-Bireuen

15/12/2018 at 23:04

IMG-20181213-WA0003

Librisyiana, Darussalam- UPT. Perpustakaan Unsyiah mengadakan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah selama 3 hari, yang diikuti oleh 38 pengelola perpustakaan sekolah yang ada di Bireuen. Pelatihan ini merupakan hasil dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se- kabupaten Bireuen bekerjasama dengan UPT.Perpustakaan Unsyiah.

Pelatihan ini bertujuan mengenalkan kepada mereka mengenai beberapa komponen perpustakaan yang berstandar nasional, kreativitas yang dapat dilakukan di perpustakaan, penggunaan aplikasi Schils dan dasar katalogisasi serta klasifikasi buku, agar pengelola perpustakaan sekolah yang ada di Bireuen mampu meningkatkan mutu layanan perpustakaan, sehingga dapat bersaing dengan perpustakaan yang sudah maju di seluruh Indonesia atau bahkan lebih .

Taufiq Abdul Gani, Kepala UPT. Perpustakaan Unsyiah mengatakan “Saya berharap dengan adanya pelatihan ini pengelola perpustakaan sekolah yang ada di Bireuen dapat meningkatkan mutu perpustakaan sekolahnya. Dimana perpustakaan tidak hanya dijadikan sebagai tempat meminjam dan membaca buku saja, tetapi suana perpustakaannya itu hidup dengan berbagai aktivitas. Baik itu dibidang literasi, seperti adanya kelompok literasi yang dibentuk di sekolah-sekolah yang sudah menerima pelatihan dan pemanfaatan komputer yang sudah ada. Karena perpustakaan itu hidup bukan karena koleksi, namun  karena adanya aktivitas dan kreatifitas yang diciptakan”, katanya pada Kamis (13/12).

Ia melanjutkan, bahwa sebenarnya saat ini semua SMA di Bireuen sudah memiliki komputer dan sambungan internet, akan tetapi sayangnya belum ada satu pun sekolah yang menggunakan katalog dan layanan menggunakan komputer, karena tidak adanya kemampuan dari pengelola perpustakaan sekolah.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, tahun depan akan ada SMA di Bireuen yang sudah online katalognya”, tutupnya. [Yana]

 

Share This:

Comments

comments