UPT. Perpustakaan Unsyiah Mengadakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi SchiLS

IMG_0454

 

Librisyiana, Darussalam – UKM Literasi Informasi dan Tim Pendamping IT Perpustakaan Unsyiah Mengadakan Pelatihan bertajuk “Pelatihan Penggunaan Aplikasi SchiLS untuk Koleksi Buku/ Dokumen Pribadi atau Organisasi” di lantai III ruang seminar UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala pada Sabtu (8/12/2018). Pelatihan ini diikuti oleh 38 peserta. Peserta tidak hanya berasal dari mahasiswa Unsyiah saja, tetapi juga mahasiswa dari universitas lain, siswa SMA serta para guru dan alumni Ilmu Perpustakaan dari beberapa universitas yang ada di Banda Aceh.

Pemateri dalam pelatihan ini diisi langsung oleh Tim pendamping IT Perpustakaan Unsyiah. Di pelatihan ini peserta diajarkan mulai dari meng-install aplikasi ke laptop masing-masing hingga mekanisme penggunaan aplikasi secara menyeluruh.

Furqan selaku ketua panitia serta pemateri dari acara ini mengatakan bahwa pelatihan ini awalnya telah dilaksanakan sebelumnya dengan target SMA yang ada di Banda Aceh guna mengajak sekolah tersebut untuk bergabung dengan Pustaka Maya. Pustaka Maya sendiri adalah digital library yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga setiap sekolah yang tergabung dengan Pustaka Maya akan lebih mudah dilakukan pemetaan mengenai jenis buku apa saja yang dibutuhkan oleh sekolah tersebut.

Setelah sukses dengan skala sekolah, perpustakaan Unsyiah pun akhirnya mulai membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang juga ingin mempelajari aplikasi ini dikarenakan banyaknya permintaan dari luar. Semoga dengan adanya pelatihan ini akan lebih memudahkan peserta dalam hal pengolahan data baik berupa buku atau dokumen untuk kedepannya. [Vira]

Share This:

Comments

comments

Bookmark the permalink.